5 Kelebihan Ternak Kelinci Pedaging sebagai Bisnis


Pertanianku — Ternak kelinci pedaging memiliki banyak kelebihan, terutama sebagai ladang bisnis. Salah satu kelebihan ternak kelinci pedaging ialah dari segi modal yang kita keluarkan. Untuk memulai ternak kelinci, kita tidak membutuhkan modal besar tapi yang Anda butuhkan hanya kemauan dan tekad kuat.

kelebihan ternak kelinci pedaging
Foto: Pixabay

Biaya yang wajib kita keluarkan per harinya hanya untuk membeli peralatan dan perawatan saja. Nah, berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Anda peroleh dari beternak kelinci pedaging.

  1. Mampu menghasilkan banyak produk unggulan

Khusus untuk ternak kelinci pedaging, produk yang bisa kita uangkan juga sangat banyak, mulai dari kotoran, urine, daging, kulit dan bulu. Dengan melihat ini, bisa dipastikan pendapatan akan berlipat.

  1. Tidak membutuhkan waktu lama

Jika Anda pernah memelihara kelinci, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa hanya dengan hitungan bulan, kelinci mampu beranak pinak dengan sangat cepat. Induk kelinci mampu menghasilkan anakan hanya dengan masa kehamilan satu bulan saja dan mampu melahirkan 3—7 ekor anak kelinci.

Umur kelinci siap potong adalah 6 bulan dan masa perawatan 4 bulan saja. Cukup cepat dan memang jika dijadikan bisnis, perputaran uangnya akan cepat. Induk yang sudah mampu menghasilkan anakan ketika sudah berumur 6—8 bulan akan sangat produktif, apalagi ketika induk telah mencapai umur 10 bulan.

  1. Kelinci termasuk hewan paling produktif

Bisa dikatakan, kelinci ini termasuk hewan paling produktif dan belum ada hewan sejenis yang mengalahkannya. Induk yang telah berumur 8—10 bulan, mampu beranak 3—7 kali dalam setahun tergantung perawatan dan pakan yang kita berikan.

  1. Peternak kelinci pedaging masih sedikit

Sangat sedikit orang yang melakukan ternak kelinci pedaging. Saat ini, para peternak kelinci hanya berada di daerah tertentu antara lain Bandung, Kota Bogor, dan Malang. Untuk di daerah lain, masih sangat sedikit dan bisa dikatakan belum ada orang yang ternak kelinci pedaging. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membudidayakan kelinci pedaging.

  1. Kotoran kelinci untuk membuat pupuk organik
Baca Juga:  Sukses Budidaya Belut di Air Bersih

Kotoran kelinci dan urine kelinci bisa kita gunakan sebagai pembuatan pupuk organik dan kompos yang lebih unggul jika dibandingkan dengan pupuk dari kotoran sapi dan kambing. Apalagi jika jumlah kelinci yang Anda ternakkan itu ratusan, tentunya akan memberikan pemasukan tersendiri bagi Anda.