5 Kendalah Harian Berhidroponik dan Cara Mengatasinya

Pertanianku — Hidroponik menjadi solusi pertanian di perkotaan atau sering disebut juga urban farming. Akan tetapi, kendala harian berhidroponik seringkali mengakibatkan hasil yang didapat tidak maksimal. Oleh karena itu, kenali beberapa kendala hariannya berikut ini dan temukan solusi untuk mengatasinya.

kendala harian berhidroponik
Foto: Pixabay

Perubahan kepekatan larutan

Membudidayakan tanaman dengan teknologi hidroponik di tempat terbuka memerlukan perhatian ekstra. Pasalnya, jika musim hujan tiba, air hujan yang turun akan masuk ke sela-sela instalasi. Parahnya lagi, air hujan mampu mengubah kepekatan larutan nutrisi sehingga menyebabkan kepekatan larutan berubah, salah satu akibatnya adalah pH larutan menjadi turun.

Loading...

Jika hal ini terjadi, solusi yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan membuat bak penampungan yang bisa dibuka dan ditutup. Selain itu, bisa juga membuat saluran alternatif sehingga air hujan dapat keluar.

Temperatur larutan yang tinggi

Temperatur larutan sangat berkaitan erat dengan kadar oksigen. Semakin tinggi suhu pada larutan nutrisi, semakin sedikit kadar oksigennya. Jika kandungan oksigen dalam nutrisi sedikit, hal ini tentu berpengaruh pada perkembangan tanaman.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan meletakkan tendon penampung larutan di dalam tanah. Hal ini bertujuan agar tendon terlindung dari sinar matahari dan suhu larutan tetap stabil.

Pengaruh sinar matahari

Pada pertanian dengan teknologi hidroponik, sinar matahari yang berlebihan dapat menjadi ancaman yang serius. Hal ini disebabkan oleh sinar matahari dapat memanaskan pemanasan tutup talang sehingga mengakibatkan tanaman yang menempel menjadi rusak bahkan gosong. Selain itu, sinar matahari yang berlebihan juga dapat membuat aktivitas fotosintesis terlalu tinggi.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memberikan naungan seperti paranet atau jaring peneduh pada area budidaya tanaman hidroponik.

Baca Juga:  Bukan Kedelai, Ini Bahan Baku Kecap Lainnya

Pengendapan larutan nutrisi

Masalah ini terjadi jika penerapan pertanian dengan teknologi hidroponik tidak dilakukan dengan menggunakan listrik. Akibatnya, larutan nutrisi yang berada di instalasi akan statis dan unsur-unsur hara mengendap sehingga tidak dapat terserap oleh akar. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan melakukan pengadukan rutin sebanyak 3 kali sehari. Pengadukan ini dapat dilakukan dengan menggunakan tangan.

Gangguan Listrik

Pompa yang dibiarkan menyala terus-menerus selama 1 × 24 jam akan mengalami pemanasan dan akhirnya mati. Jika ini terjadi, sudah pasti akan menimbulkan masalah besar bagi tanaman hidroponik karena nutrisi tidak bisa dialirkan ke akar tanaman. Jika gangguan listrik terjadi selama 2 jam, kemungkinan besar tanaman akan mati dan mendatangkan kerugian bagi Anda.

Solusi yang tepat untuk menangani masalah ini adalah dengan menerapkan sistem hidroponik yang minim penggunaan listrik seperti jaring apung atau sumbu. Solusi lain, yaitu dengan menggunakan media tanam yang mampu mengikat air lebih banyak, salah satu jenis yang sering digunakan adalah rockwool.

Loading...
Loading...