Kunci Keberhasilan Ternak Kambing Potong

Pertanianku — Beberapa bulan sebelum Hari Raya Iduladha memang menjadi momentum yang paling cocok untuk memulai usaha ternak kambing potong. Pasalnya, kambing akan siap dipanen menjelang hari raya tiba. Dengan begitu, pendapatan yang akan didapatkan jauh lebih besar karena waktu usaha yang sesuai.

ternak kambing potong
foto: Pertanianku

Penggemukan kambing potong tidak begitu sulit. Keberhasilan usaha ternak kambing potong sangat bergantung pada cara Anda merawat. Nah, berikut ini ada beberapa kunci keberhasilan yang dapat menjadi penentu hasil yang akan Anda dapatkan nanti, simak ulasan berikut.

Kandang kambing

Kandang menjadi kebutuhan pertama yang harus disiapkan sebelum kambing dibeli. Kandang harus nyaman bagi ternak karena ternak akan melakukan segala aktivitasnya di dalam kandang, seperti makan, minum, buang air, tidur, dan lain-lain. Ciri-ciri kandang yang bagus untuk ternak kambing ialah berbentuk panggung, bisa mendapatkan sinar matahari, dan tidak terlalu panas.

Jenis kambing

Tiap jenis kambing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Anda harus memilih jenis kambing yang sesuai untuk digemukkan sebagai kambing potong. Misalnya, kambing kacang. Jenis kambing ini sangat mudah dijumpai di Indonesia, harganya pun cukup murah. Sayangnya, pertumbuhan kambing kacang tidak begitu signifikan sehingga lebih baik kambing bligon atau kambing etawa.

Parasit di tubuh kambing

Kambing yang akan diternakkan harus dibersihkan terlebih dahulu dari segala parasit yang kemungkinan ada di dalam tubuh kambing. Parasit yang biasanya bersemayam di tubuh kambing adalah cacing dan kutu. Parasit tersebut dapat dihilangkan dengan ramuan herbal dari buah pinang atau daun pepaya. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan parasit dengan obat kimia.

Proses perawatan dan pemeliharaan

Perawatan yang dilakukan selama pemeliharaan adalah pemberian pakan, pencegahan penyakit, serta menjaga kebersihan kandang dan kambing. Perubahan pakan dapat memengaruhi pertumbuhan kambing. Selain itu, Anda harus memerhatikan kandungan yang terdapat di dalam pakan itu sendiri. Oleh karena itu, pemberian pakan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Baca Juga:  Ciri-ciri Sapi Limousin Betina yang Bagus untuk Dikawinkan

Pakan berkualitas

Ada tiga jenis pakan yang dapat digunakan, yaitu rumput sebagai sumber serat dan energi, pakan leguminosa sebagai sumber protein, dan pakan konsentrat sebagai pakan penguat. Jenis rumput yang cocok untuk kambing antara lain rumput odot, ruzi, dan bachiaria.