5 Kunci Membuat Tabulampot Rajin Berbuah

Pertanianku Tabulampot merupakan kepanjangan dari tanaman buah dalam pot yang sering digunakan oleh para hobiis untuk menyalurkan hobinya untuk menanam buah. Membuat tabulampot rajin berbuah pada dasarnya mudah jika Anda sudah mengetahui ilmunya, apalagi pengetahuan yang berkaitan langsung dengan karakteristik pohon. Pasalnya, saat seluruh perawatan dan tempat yang digunakan sudah sesuai dengan kriteria pohon, bukan tidak mungkin tabulampot Anda rajin berbuah.

tabulampot
foto: pixabay

Berikut ini kunci keberhasilan saat menanam tabulampot sehingga menghasilkan buah yang banyak dan memiliki tajuk pohon yang indah.

Tempat tumbuh

Loading...

Setiap jenis pohon buah memiliki kriteria tempat yang berbeda-beda. Ada yang tumbuh di dataran tinggi, ada pula yang di dataran rendah. Ada pohon yang tidak kuat dengan intensitas hujan yang tinggi, ada pula yang membutuhkan tingkat kelembapan yang tinggi. Sebelum memutuskan untuk memelihara suatu jenis pohon buah, sebaiknya Anda pertimbangkan ulang lokasi rumah Anda sudah sesuai atau belum dengan pohon buah tersebut.

Pohon dataran tinggi memang masih bisa tumbuh di dataran rendah. Namun, buah yang dihasilkan tidak akan maksimal dan bahkan tidak bisa menghasilkan sama sekali, begitu pun sebaliknya.

Pemberian air

Kadang kala untuk merangsang pembungaan, pohon harus diberikan perlakuan yang berkaitan dengan air. Ada pohon yang harus sampai merasakan stres air karena intensitas penyiraman yang dikurangi untuk merangsang pembungaan. Anda harus mengetahui karakteristik pohon yang dipilih, apakah membutuhkan air dalam jumlah banyak atau tidak. Selain itu, waktu penyiraman juga harus diperhatikan, seperti pagi atau sore hari.

Musim yang berlangsung juga memengaruhi intensitas air yang dibutuhkan. Biasanya, pada musim hujan, pohon tidak memerlukan pengairan karena kebutuhan air sudah dipenuhi dari hujan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Serangan Kutu Daun Thrips pada Tanaman Tomat

Pemangkasan

Pemangkasan tidak hanya akan memudahkan Anda serta memperindah penampilan tajuk tanaman. Pemangkasan juga berguna untuk merangsang pembungaan jika dilakukan di lokasi yang tepat. Pemangkasan pada umumnya dilakukan pada tunas yang tumbuh di ketiak cabang atau cabang yang mati, dan cabang yang tidak produktif. Teknik pemangkasan pada setiap jenis tanaman berbeda-beda.

Terkadang pemangkasan juga dillakukan pada buah yang tumbuh berkerumun seperti buah anggur. Pemangkasan buah dilakukan agar nutrisi bisa diperuntukkan pada buah yang lebih sehat dan segar.

Kebutuhan hara

Unsur hara merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh, baik tumbuh secara vegetatif maupun tumbuh secara generatif. Kebutuhan tersebut harus dipenuhi melalui pemberian pupuk yang diberikan secara rutin dengan dosis yang tepat.

Pengendalian hama dan penyakit

Hama dan penyakit merupakan organisme pengganggu tanaman yang bisa menyebabkan produktivitas pohon menurun karena bagian tanaman yang diserang oleh hama dan penyakit. Anda harus segera mengatasinya dengan cara yang tepat

Loading...
Loading...