5 Kunci Sukses Untuk Mencapai Swasembada Pangan


Pertanianku — Sebagai negara yang memiliki tanah subur, Indonesia menargetkan swasembada pangan dan swasembada pangan berkelanjutan. Nah, untuk bisa mencapai target tersebut, ada 5 kunci sukses yang harus diperhatikan.

swasembada pangan
Foto: Pixabay

Berikut ini 5 kunci sukses untuk mencapai swasembada pangan.

  1. Tanah

Saat ini bangsa Indonesia dihadapkan pada persoalan makin sempitnya lahan pertanian karena terkonversi untuk kegiatan lain. Upaya intensifikasi dan ektensifikasi pertanian perlu dilakukan untuk mencapai swasembada pangan

  1. Air

Air untuk mencukupi kebutuhan tanaman, dapat dicukupi dengan membangun jaringan irigasi dan waduk untuk menampung air.

  1. Benih

Benih unggul bermutu dapat meningkatkan produksi tanaman. Sudah banyak varietas unggul yang mempunyai keunggulan spesifik lokasi untuk mendukung pencapaian swasembada pangan.

  1. Pupuk

Pemupukan yang tepat akan mendukung produksi tanaman yang optimal. Rekomendasi pemupukan telah banyak diberikan sesuai lokasi dan kebutuhan tanaman.

  1. Pengelolaan tanaman

Teknologi budidaya telah banyak berkembang di petani. Kementerian Pertanian juga telah banyak menghasilkan inovasi teknologi pertanian yang mampu meningkatkan produksi tanaman, baik dari segi budidaya maupun pengendalian hama penyakit dan pasca panennnya.

Kelima kunci untuk mencapai swasembada pangan tersebut harus ada dan terjamin ada. Jika 5 kunci tersebut sudah dimiliki oleh petani Indonesia, negara kita siap mencapai swasembada pangan dan swasembada pangan berkelanjutan.

Baca Juga:  Manfaat Sekam Bakar sebagai Media Tanam