5 Makanan yang Ampuh Sebagai Pembersih Usus Besar


Pertanianku — Dampak yang ditimbulkan oleh kebiasaan makan makanan tidak sehat bisa memengaruhi saluran pencernaan, khususnya pada usus. Padahal, usus besar bertugas sebagai tempat persediaan air, penyerapan mineral, dan tempat pembentukan serta pembuangan sampah tubuh. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berguna sebagai pembersih usus besar.

pembersih usus besar
Foto: Pixabay

Pola makan tinggi lemak seperti keju, mentega, nasi, susu, gula, daging, atau tepung tapi rendah serat, juga makanan yang diawetkan dianggap penyebab timbulnya lendir yang membuat bertumpuknya bahan tak berguna di usus. Oleh karena itu, perlu dibersihkan dari tubuh agar tetap sehat.

Bila usus tidak dibersihkan, risiko terserang kanker usus besar menjadi semakin tinggi. Nah, berikut makanan-makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membersihkan usus besar Anda.

  1. Bawang putih

Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk membersihkan usus besar. Bawang putih memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan sifat antiparasit. Ini dapat membantu membuang racun, patogen dan parasit dari saluran pencernaan tubuh.

  1. Teh hijau

Teh bisa membuang racun dari tubuh, khususnya bila Anda mengonsumsi teh hijau. Teh hijau sarat antioksidan dan mampu meningkatkan fungsi usus dengan membantu membersihkan usus.

  1. Lemon

Lemon dapat membantu membuang racun dalam tubuh. Anda dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda dengan mengonsumsi jus lemon setiap hari.

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau dapat membersihkan sistem usus dan melindungi saluran pencernaan Anda dari berbagai penyakit. Sayuran berdaun hijau dapat menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga menghilangkan bakteri dari usus besar.

  1. Alpukat

Alpukat atau avokad adalah salah satu makanan yang dapat membersihkan usus besar. Buah ini kaya asam lemak omega-3 yang dapat membantu melumasi dinding usus. Alpukat juga mencegah racun menempel ke dinding usus sehingga membantu dalam membersihkan usus besar.

Baca Juga:  Daun Ketumbar Punya Manfaat Ajaib Ini, Lho!