5 Manfaat Ajaib Raw Cocoa


Pertanianku – Cokelat pasti menjadi salah satu makanan favorit seluruh masyarakat di dunia. Rasanya yang manis membuat banyak orang tergila-gila oleh kenikmatannya. Bahkan, bisa dipastikan hanya sedikit orang yang tidak menyukai cokelat.

Foto: pixabay

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ketika seseorang tengah menikmati kelezatan cokelat, akan merasa tenang.

Meski begitu disukai, untuk tetap menjaga kesehatan ketika gemar mengonsumsi cokelat, cobalah untuk mengonsumsi jenis cokelat berjenis raw cocoa. Raw cocoa adalah proses pemasakan yang tidak begitu rumit sehingga tidak kehilangan nutrisi dan kadar gula tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, rasa asli cokelat akan mendominasi.

Lalu, benarkah mengonsumsi raw cocoa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Yuk, simak penjelasan berikut.

Kaya nutrisi

Raw cocoa begitu padat nutrisi seperti vitamin B kompleks, vitamin E, protein, dan mineral penting (zat besi, tembaga, dan potasium). Selain itu, raw cocoa juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh dan otak.

Menjaga kesehatan jantung

Tingginya nutrisi sehat di dalam raw cocoa sangat baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan sirkulasi darah, serta mengurangi pembentukan otak di arteri yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

Mengobati diabetes

Penelitian terbaru menemukan bahwa raw cocoa mengandung senyawa alami yang disebut epicatechin. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi sel pankreas, sel yang bertanggung jawab memproduksi insulin dan mengurangi kadar gula darah di tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsinya secara rutin berguna untuk mengobati diabetes serta melindungi pembuluh darah dari efek buruk diabetes.

Menghilangkan stres

Konsumsi raw cocoa akan membuat tubuh melepaskan serotonin alami yang membuat tubuh jadi terasa lebih baik dan tingkat stres menurun. Selain itu, raw cocoa juga mengandung senyawa alami yang disebut phenylethylamine (PEA). Senyawa tersebut diketahui akan membanjiri otak manusia saat jatuh cinta.

Baca Juga:  Variasi Mangga di Indonesia Bertambah, Yuk, Cari Tahu!

Melawan tanda penuaan

Tingginya zat anti-oksidan di dalam raw cocoa diketahui bisa menghentikan peradangan kronis yang bisa melawan tanda datangnya penuaan secara dini.

Konsumsi raw cocoa bisa Anda lakukan dengan cara yang sehat, yaitu dengan menaburkannya di atas makanan sehat seperti yoghurt atau puding chia yang biasa Anda konsumsi untuk menu sarapan.

loading...
loading...