5 Manfaat Bertanam Tomat di Pot

Pertanianku — Lahan yang terbatas membuat seseorang harus berpikir dua kali untuk melakukan kegiatan berkebun. Namun, nyatanya saat ini sudah banyak sistem berkebun yang memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit, seperti bertanam tomat di pot.

tomat di pot
foto: pertanianku

Kegiatan bertanam akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan pot. Selain mudah dalam proses perawatan, tempat yang digunakan akan lebih efektif.

Alternatif untuk orang perkotaan

Menanam sayuran seperti tomat di pot atau polibag memang merupakan solusi bertani yang paling efektif diterapkan oleh masyarakat perkotaan. Menanam tomat di pot akan melahirkan kolaborasi antara teknologi pertanian yang dapat mendulang keuntungan dan menambah nilai estetika halaman rumah.

Bisa menjadi penghias rumah dan dimanfaatkan buahnya

Tanaman yang dipelihara dengan benar dan baik dapat menghasilkan buah yang dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi sendiri sebagai pelengkap kebutuhan gizi dan nutrisi. Selain itu, jika tanaman dipelihara dengan baik dapat dipanen sepanjang musim.

Selain dapat dimanfaatkan buahnya, unsur hijau dari pohon tomat dapat menambah nilai estetika pekarangan rumah yang terbilang cukup sempit. Saat buah sudah masak, perpaduan antara warna merah buah masak dengan hijaunya dedaunan akan menjadi kolaborasi warna yang sangat menarik.

Mudah untuk dilakukan dengan sistem hidroponik

Menanam tomat bisa dibilang gampang jika Anda sudah mengetahui cara yang benar. Hal ini terbukti dari banyaknya ibu rumah tangga hingga perusahaan dalam skala besar yang mulai menanam tomat di pot dengan sistem hidroponik.

Pemberian air siraman dan pupuk akan dilakukan melalui selang khusus yang terhubung dari satu pot ke pot yang lain. Tomat akan semakin mudah dibudidayakan jika ditanam dalam green house.

Media refreshing ibu rumah tangga

Baca Juga:  Pentingnya Peremajaan Pohon Kopi

Pekerjaan rumah tangga yang menumpuk membuat sebagian ibu rumah tangga membutuhkan kegiatan yang dapat menyegarkan pikiran. Perpaduan warna hijau pohon tomat dengan warna merah dari buah tomat yang masak juga dapat membuat pikiran ibu-ibu rumah tangga menjadi lebih segar dan terhindar dari stres.

Dapat dijadikan sebagai suvenir berbagai acara

Di luar negeri, tomat ceri sering dijadikan sebagai suvenir yang diberikan di beberapa acara. Tentunya, pohon tomat ceri tersebut dikemas dengan rapi dan cantik. Anda dapt memelihara tomat ceri sendiri di rumah untuk diberikan pada seseorang yang dianggap spesial.

 

 


loading...