5 Manfaat Konsumsi Ikan Sarden yang Menakjubkan

Pertanianku — Sarden adalah salah satu jenis ikan yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Oleh karena itu, sarden sangat cocok dijadikan santapan terutama di bulan Ramadan ini. Selain memiliki rasa yang lezat, manfaat konsumsi ikan sarden juga ternyata cukup baik untuk kesehatan. Melansir Boldsky, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari konsumsi ikan sarden.

manfaat konsumsi ikan sarden
Foto: Google Image
  1. Kaya mineral

Sarden memiliki kandungan mineral dan nutrisi sangat tinggi seperti zat besi, kalium, serta fosfor. Selain itu, sarden juga mengandung potasium yang membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Terdapat juga vitamin D yang bisa membantu menguatkan tulang.

  1. Mencegah masalah jantung

Sarden diketahui memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup kaya. Vitamin B12 membantu aktivitas kardiovaskular, mencegah penyakit jantung, dan pembekuan darah. Selain itu, sarden juga kaya dengan asam lemak omega-3 yang mencegah serangan jantung.

  1. Mencegah kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan konsumsi sarden. Adanya manfaat ini bisa hadir karena kandungan vitamin D dan kalsium di dalamnya.

  1. Kaya protein

Kandungan sarden yang kaya protein dan asam amino bisa membantu melancarkan aktivitas tubuh sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Selain itu, protein dalam tubuh juga memfasilitasi pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Mencegah penyakit karena penuaan

Penuaan dan bertambahnya usia pada seseorang bisa memunculkan banyak penyakit terutama pada kemampuan otak dan penglihatan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang biasa mengonsumsi sarden bakal terhindar dari sejumlah penyakit tersebut.

Baca Juga:  Tahapan Budidaya Ikan Dewa: Pembenihan
Loading...