5 Marketplace untuk Jual Beli Produk Pertanian

Pertanianku — Saat ini, masih banyak petani yang mempertanyakan di mana bisa membeli benih atau bibit tanaman yang berkualitas dan bagaimana cara menjual hasil pertanian yang telah digeluti? Melihat fenomena tersebut, banyak pihak swasta yang mulai memerhatikan kesejahteraan petani, khususnya dari sistem pemasaran, yakni dengan membuat sejumlah marketplace untuk jual beli produk pertanian.

marketplace untuk jual beli produk pertanian
Foto: Pexels

Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pengembangan sarana dan prasarana teknologi informasi ini dilakukan untuk memangkas rantai distribusi hasil produksi dari petani kepada konsumen. Sinergi pemasaran ini melibatkan tiga kementerian, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Nah, berikut ini 5 marketplace pertanian yang bisa digunakan para petani untuk memasarkan hasil panennya secara online.

Loading...
  1. Agromaret

Agromaret adalah komunitas dan marketplace yang berfokus pada sektor pertanian dan telah beroperasi sejak 2009. Agromaret bertujuan mengurangi dominasi pasar bagi sekelompok orang, menciptakan peluang pasar yang seluas-luasnya bagi para petani, serta menjadi sentra informasi di bidang pertanian.

Pada 2009, pihak Agromaret sudah sering membuat sebuah iklan baris yang menjajakan hasil tani dan bahan pangan lewat website yang dikelola secara perorangan. Barulah pada 2016, didirikan website yang digarap secara serius, yakni Agromaret. Hingga November 2017, website ini telah diakses lebih dari 125 ribu user.

  1. TaniHub

Layanan ini berangkat dari keinginan pendiri untuk membantu petani menjangkau konsumen secara langsung tanpa campur tangan tengkulak. E-commerce ini sangat menguntungkan bagi para petani karena mereka bisa mendapat keuntungan sebesar 20 persen dari harga yang dijual ke tengkulak. Selain itu, jangkauan pemasaran pun akan semakin luas. Selama 3 tahun berjalan, pencapaian TaniHub bisa dibilang cukup cemerlang.

Baca Juga:  Sistem Minapadi Indonesia Jadi Rujukan Dunia

TaniHub menyasar 2 kategori pembeli, yaitu masyarakat (konsumen individu) dan juga komoditas. Hal ini disebabkan masih banyak masyarakat yang lebih senang belanja buah dan sayuran di pasar dan supermarket ketimbang online.

  1. Petani

Aplikasi Petani dikembangkan oleh 8villages yang khusus mengembangkan aplikasi bernama RegoPantes. Tujuan aplikasi ini untuk membantu banyak petani di Jawa Tengah agar produk atau hasil pertaniannya dipasarkan di Jakarta dengan harga yang pantas dan para petani sudah lebih dulu mendapat pembayarannya. Setelah itu, semua produk yang dipesan oleh konsumen akan di-packing dan diberangkatkan ke Jakarta.

Aplikasi ini merupakan wadah berbagi informasi terkait solusi permasalahan pertanian, tempat penjualan alat-alat pertanian, informasi pelatihan pertanian, serta forum online bagi para petani di seluruh Indonesia. Selain itu, aplikasi Petani juga memberikan beberapa layanan lainnya seperti fitur tanya jawab, video, toko, survei, dan lain sebagainya.

  1. Pantau Harga

Aplikasi yang dibesut oleh Code4Nation ini bertujuan membantu konsumen memantau harga komoditas pangan di lingkungan sekitar mereka, dan membeli produk tersebut dengan kualitas baik serta harga yang kompetitif.

Ada konsumen tentu ada penjual. Pada aplikasi ini, petani, nelayan, dan peternak juga bisa menjual produk mereka dengan harga yang lebih tinggi dibanding ketika mereka menjualnya kepada tengkulak.

  1. LimaKilo

Aplikasi LimaKilo hadir untuk memotong pola pendistribusian produk pertanian, di mana pembeli langsung dipertemukan dengan penjual. Dengan begini, penghasilan petani diharapkan bisa naik hingga 15 persen dan juga harga beli di konsumen bisa turun 15 persen.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini ditujukan bagi pembeli kebutuhan pangan dalam jumlah paling sedikit 5 kilogram. Bila lebih dari 5 kilogram, pelanggan bisa menggunakan layanan beli grosir pada aplikasi ini. LimaKilo menawarkan berbagai macam produk pangan seperti beras, bawang, sayur, daging, dan hasil pertanian lainnya.

Baca Juga:  Tips Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Optimal
Loading...
Loading...