5 Merpati Hias Unik yang Memanjakan Mata


Pertanianku — Merpati adalah burung peliharaan yang populer. Merpati telah dibiakkan ratusan tahun dan memproduksi beberapa keturunan aneh, unik, dan mewah. Merangkum dari berbagai sumber, ada 5 merpati hias unik yang akan memanjakan mata Anda.

5 merpati hias unik
Foto: Shutterstock

Berikut daftar jenis merpati unik yang tersebar di dunia yang mungkin bisa Anda pelihara. Yuk, simak ulasannya.

  1. Jacobin pigeon

Diberi nama seperti itu karena bulu-bulu yang mengitari kepalanya menggambarkan topi yang dipakai pendeta-pendeta Jacobin. Merpati jenis ini diternakkan dengan warna putih, hitam, biru, perak, merah, dan kuning.

  1. Frillback pigeon

Merpati ini berbulu ikal di badan dan sayapnya sehingga ditemukan adanya bulatan-bulatan kecil bagaikan bulu. Ada yang berjambul dan ada yang tidak. Warna merpati ini ada yang hitam, putih, kebiruan, kemerahan, kekuningan. Frillback pigeon kemerahan dan kekuningan dianggap sebagai bentuk yang paling baik.

  1. Barb pigeon

The barb (juga disebut barb inggris) adalah jenis merpati mewah yang dikembangkan selama bertahun-tahun dengan pembiakan selektif. Barb, bersama dengan varietas merpati peliharaan lainnya merupakan keturunan dari rock pigeon (Columba livia).

  1. Old german cropper

Bersaudara dekat dengan pouter. Keduanya menjadi keluarga besar, dengan ciri-ciri hampir sama. Salah satu cropper yang terkenal adalah english cropper. Memiliki tembolok besar, berdirinya tegak, serta badan dan pinggang langsing dengan kakinya yang panjang.

Termasuk merpati yang tinggi karena bisa mencapai 50 cm dari kepala sampai kaki. Pada tembolok merpati ini terdapat gambar bulan sabit dengan kedua ujung bertemu di dekat kedua matanya.

Jenis lain dari cropper adalah pouter yang mudah dijinakkan dan menyenangkan. Jenis lainnya lagi adalah holle cropper yang berbentuk seperti merpati kipas, tetapi tidak berekor kipas. Ada pula valencia cropper yang bertembolok menggantung dan mengembang seakan dibusungkan.

  1. Chinese owl
Baca Juga:  Trik Paling Mudah Membedakan Jenis Kelamin Burung Merpati

The owl cina adalah jenis merpati mewah yang dikembangkan selama bertahun-tahun oleh Owls breeding Chinese secara selektif bersama dengan varietas merpati peliharaan lainnya. Merpati jenis ini juga merupakan keturunan dari rock pigeon (Columba livia).