5 Minuman Berenergi Pengganti Kopi

Pertanianku — Sebagian orang percaya minum kopi mampu membangkitkan semangat kerja. Bahkan, beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa kopi membantu mencegah timbulnya penyakit alzheimer dan parkinson. Manfaat-manfaat kopi tentu berlaku bagi orang yang menggemari kopi. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang tidak bertoleransi tinggi terhadap kafein?

kopi
Foto: Pixabay

Orang-orang yang tidak toleran dengan kafein justru ketika mengonsumsi kopi akan menimbulkan efek buruk seperti rasa kecemasan berlebih, jantung berdebar, insomnia, dan kepala pusing. Nah, apakah ada minuman berenergi pengganti kopi yang bisa dikonsumsi orang-orang tersebut?

Melansir dari Boldsky terdapat 5 minuman berenergi pengganti kopi yang dapat Anda nikmati. Berikut 5 minuman tersebut.

Loading...
  1. Kopi akar dandelion

Rasa kopi akar dandelion mirip dengan rasa kopi pada umumnya. Akan tetapi, kopi dari akar dandelion ini kandungan kafeinnya lebih sedikit. Minuman ini mengandung vitamin A, B, C, dan D serta zat besi, kalsium, dan magnesium. Kalsium dan magnesium ini sebagai sumber energi bagi tubuh.

2. Matcha

Matcha adalah minuman dari serbuk teh hijau yang dihaluskan. Kandungan yang ada pada teh mactha antara lain anti-oksidan, klorofil, dan serat. Selain itu, matcha juga mengandung kafein sebagai pembangkit energi.

Mengonsumsi teh matcha sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2. Selain itu, bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

3. Teh masala

Teh masala terbuat dari rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkih, dan jahe. Minuman khas India ini mirip teh tarik yang berwarna kecokelatan.

Rempah-rempah yang ada pada teh masala membuat rasa dan aromanya begitu kuat. Minuman ini biasa dikonsumsi saat musim hujan atau udara dingin untuk menghangatkan badan serta menghindarkan diri dari demam dan flu.

Baca Juga:  Tongkol Jagung Sumut Diminati Pasar Jepang

4. Teh kunyit

Minuman ini mampu membangkitkan energi seperti kopi. Ini karena kunyit mengandung kurkumin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, mengurangi inflamasi, mengurangi gejala artritis, mencegah kanker, dan alzheimer.

Teh kunyit yang berwarna kuning dengan rasa yang kuat ini juga membantu memulihkan kerusakan hati dan batu empedu.

5. Cokelat panas

Minuman yang berasal dari kakao ini mengandung magnesium yang membuat tubuh tetap aktif. Anandamide—zat yang terkandung dalam kakao—baik untuk saraf dan memicu rasa bahagia.

Loading...
Loading...