5 Modal Utama Sebelum Jadi Peternak

Pertanianku — Bagi Anda yang ingin menjadi peternak, ada beberapa modal utama yang harus Anda siapkan. Pasalnya, jika tidak disiapkan dengan matang, nantinya akan sangat menghambat kesuksesan ternak Anda. Berikut ini 5 modal utama sebelum jadi peternak yang perlu Anda persiapkan.

modal utama sebelum jadi peternak
Foto: Shutterstock

1. Tekad yang kuat

Untuk menjadi seorang peternak, Anda diharuskan memiliki tekad yang kuat agar usaha ternak Anda dapat berjalan dengan mulus. Anda harus bertekad bahwa ternak yang Anda jalankan nantinya akan sukses dan memberikan hasil yang memuaskan.

2. Pengetahuan dalam dunia peternakan

Anda harus memiliki pengetahuan dalam dunia peternakan jika ingin menjadi seorang peternak yang sukses. Setidaknya, ada sedikit ilmu peternakan yang harus Anda kuasai. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap langkah-langkah yang akan Anda ambil saat beternak nantinya.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan sedikit pun terhadap dunia peternakan, langkah yang akan Anda ambil akan salah nantinya. Oleh karena itu, pengetahuan dalam dunia peternakan merupakan modal utama yang harus Anda siapkan jika ingin menjadi seorang peternak.

3. Jaringan pertemanan yang luas

Selain tekad yang kuat dan pengetahuan dalam dunia peternakan, jaringan peternakan yang luas juga merupakan salah satu modal utama yang harus Anda siapkan jika ingin menjadi seorang peternak. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki teman untuk berbagi hal dan juga pengalaman saat beternak nantinya. Usahakanlah teman-teman tersebut merupakan teman-teman yang hobi dalam dunia peternakan agar ketika diajak berbicara nyambung dan saling mengerti.

4. Uang atau dana

Sangat mustahil rasanya jika Anda ingin menjadi seorang peternak tanpa memiliki uang sama sekali. Sebab, untuk membangun sebuah peternakan memang membutuhkan modal. Oleh karena itu, uang merupakan salah satu modal utama yang harus Anda siapkan jika ingin menjadi seorang peternak.

Baca Juga:  3 Penyebab DOC Ayam Kampung Mati

5. Lokasi peternakan

Terakhir, modal utama yang harus Anda siapkan, yaitu lokasi. Anda harus memikirkan lokasi yang cocok untuk peternakan yang akan Anda bangun, baik itu peternakan kerbau, kambing, maupun ayam, bebek, ikan, dan lainnya.

Loading...