5 Model Vertikultur yang Bisa Anda Buat

Pertanianku — Menanam di rumah saat ini semakin menyenangkan karena Anda bisa mengaplikasikan berbagai teknik menanam. Salah satu teknik yang paling sering digunakan untuk menanam di pekarangan adalah vertikultur. Ada banyak model vertikultur yang bisa Anda buat sesuai dengan kebutuhan, selera, serta kondisi tempat. Bentuk vertikultur yang paling sering digunakan adalah persegi panjang, segitiga, piramida, berbentuk anak tangga, bentuk rak, ditempel di dinding, atau menggantungnya.

 

Wadah yang digunakan sangat beragam, bisa menggunakan bambu, pipa PVC, bahkan barang bekas seperti botol mineral bekas. Anda bisa menyesuaikan wadah yang akan digunakan sesuai dengan keinginan. Susunan model vertikultur yang digunakan dapat dibuat seindah mungkin sehingga bisa menghiasi pekarangan rumah, tak hanya menjadi media menanam yang menghasilkan sayuran.

Loading...

Berikut ini model vertikultur yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan serta selera.

Digantung

Model ini lebih sering digunakan karena dianggap lebih praktis dan mudah. Wadah yang digunakan harus ringan seperti botol bekas, pot, kaleng plastik, seng bekas, dan karung plastik. Gantung wadah secara rapi agar terlihat indah. Selain itu, pilihlah tempat yang terkena sinar matahari pagi agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal karena mendapatkan sinar matahari pagi.

Berdiri tegak

Wadah yang digunakan adalah bambu, pipa PVC, dan drum. Wadah tersebut dibuat lubang yang berguna sebagai lubang tanam di bagian samping, diatur dan disusun dengan rapi sehingga tidak mengganggu pertumbuhan antartanaman. Anda juga bisa menggunakan pot atau ember plastik yang disusun pada tiang yang sudah diatur secara bersusun.

Ditempelkan ke dinding

Wadah yang digunakan bisa berupa bambu, pipa PVC, talang air, dan botol bekas. Vertikultur tersebut ditempelkan ke dinding untuk menghemat tempat serta memperindah bagian dinding yang kosong.

Baca Juga:  Manfaat Kulit Buah Kakao

Disusun menggunakan rak dari papan, bambu, atau pasangan batu

Rak berfungsi untuk meletakkan wadah tanam seperti pot, polibag, botol bekas, atau kaleng. Rak dapat disusun sesuai dengan selera seperti bertingkat atau berbentuk anak tangga yang berundak.

Disusun secara horizontal

Wadah tanam yang biasanya digunakan adalah talang air, pipa PVC, dan bambu.

 

Loading...
Loading...