5 Moss Terbaik untuk Aquascape


Pertanianku —Untuk menambah keindahan aquascape, Anda perlu menambahkan moss ke dalamnya. Nah, berikut ini bagikan beberapa jenis moss terbaik dan yang paling cantik jika digunakan untuk menghias aquarium.

moss terbaik
Foto: Pixabay
  1. Fissidens fontanus

Moss jenis fissiden fontanus ini berasal dari Amerika Serikat, namun untuk persebarannya kini ada di Benua Australia. Fissidens akan memberikan tampilan almai pada aquacsape Anda terlebih lagi jika terikat pada potongan kayu atau melakat pada bebatuan.

Sayangnya moss ini cenderung lambat dalam pertumbuhannya, terlebih setelah Anda melakukan pemangkasan. Namun setelah lewat satu bulan, maka moss akan tumbuh dengan subur dan mekar. Untuk perawatannya cukup mudah.

  1. Java moss

Java moss adalah jenis moss yang sangat mudah dijumpai dan sudah umum pula dipakai sebagai penghias akuarium. Moss ini berasal dari Asia Tenggara, dan dalam pertumbuhannya tidak membutuhkan banyak perawatan seperti merawat bunga jenggot musa, karena begitu melekat pada hardscape, moss akan segera tumbuh dengan subur.

Anda pun dapat membentuk java moss menjadi bentuk yang menarik atau mengikuti bentuk medianya. Namun, pada saat penanaman kita tidak boleh meletakkan moss secara berlebihan pada satu hardscape karena akan menyebabkan moss cepat membusuk.

  1. Chrismast moss

Moss yang memiliki bentuk mirip dengan pohon cemara ini berasal dari Negara Brasil. Tanaman ini merupakan tanaman yang paling sering dicari para penggemar aquascape. Tumbuh secara padat, warnanya dominan hijau terang dengan pertumbuhan yang tidak teratur.

Mengingat pertumbuhannya yang padat, maka penanaman yang terbaik adalah dengan meletakkannya pada celah-celah agar saat tumbuh chrismast moss dapat lebih merenggang. Jadi, tidak perlu diikat karena tidak akan cocok dengan gaya alami aquascape.

  1. Pellia liverwort
Baca Juga:  Di 2019, Monstera Masih Jadi Tren Tanaman Hias Indoor

Asal tanaman ini adalah dari Timur seperti India, Jepang, Cina, dan juga Hawaii. Untuk menumbuhkan moss ini pada aquascape, kita perlu mempersiapkan nitrogen dalam jumlah yang tinggi. Oleh karena itu, pemupukan sangat dibutuhkan agar pertumbuhannya maksimal.

Liverwort tidak berdaun namun talus yang memungkinkan untuk berkembang biak serta memberi bentuk staghorn yang khas. Selain tidak banyak menuntut seperti cara merawat melati mini dalam pot, liverwort dapat tumbuh pada area dengan cahaya rendah hingga tinggi. Saat diberikan CO2 yang melimpah, akan muncul gelembung kecil oksigen pada sisi bawah talusnya.

  1. Crystalwort

Crystalwort atau Riccia fluitans adalah moss dengan bentuk yang sangat cantik dan unik. Sayangnya, perawatannya tergolong susah sama seperti budidaya anthurium jemani.

Crystalwort sangat mudah mengapung dan tidak mau melekat pada hardscape. Oleh karena itu, Anda harus mengecek ulang dan mengikatnya berulang kali setiap minggu. Jika tidak, d ia akan merobek harnet dan terlepas. Selain itu, butuh perlakuan khusus jika kita menghendaki Riccia fluitans tampak bersinar berkilauan, berikan CO2 dengan konsentrasi yang tinggi.