5 Pakan Alternatif Lele yang Murah dan Mudah Didapatkan

Pertanianku — Peternak lele pemula banyak yang mengeluhkan soal mahalnya harga pakan untuk ternak mereka. Padahal, ada banyak pakan alternatif lele yang bisa digunakan untuk menggantikan pakan yang harganya mahal itu. Nah, kira-kira, apa saja pakan alternatif tersebut?

pakan alternatif lele
Foto: Pixabay
  1. Ikan rucah

Ikan rucah merupakan alternatif pakan ikan lele yang memiliki nilai gizi sangat tinggi. Ikan ini mengandung komponen yang berasal dari berbagai unsur sebagai penunjang pertumbuhan ikan lele yang rasanya sangat disukai oleh ikan lele.

  1. Bekicot

Bekicot merupakan bahan pakan ikan lele yang secara alternatif bisa digunakan sebagai pakan ikan dan memiliki kandungan protein lengkap. Selain itu, bekicot juga sangat bagus sebagai makanan yang dapat menjadikan ikan lele cepat besar. Ikan lele dapat bertumbuh dengan baik dengan konsumsi bekicot.

Loading...
  1. Cacing

Banyak ahli cacing lubricus yang menyadari bahwa di dalam tubuh cacing mengandung kadar protein yang sangat tinggi, atau sekitar 76 persen. Ini lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang ada di dalam daging mamalia dengan proteinnya sebanyak 65 persen atau ikan yang memiliki kadar sebanyak 50 persen.

Cacing sutra juga bagus sebagai pakan ikan lele karena memiliki laju pertumbuhan yang sangat tinggi. Jenis makanan cacing termasuk dalam jenis kelompok pakan alami ikan yang sangat tinggi kandungan gizinya.

  1. Tanaman atau dedaunan

Terdapat pakan alami ikan lele dari tumbuhan atau dedaunan yang memiliki nutrisi yang baik bagi ikan lele, yaitu azola. Azola ialah jenis tumbuhan paku air yang sangat dibutuhkan lele.

Tanaman azola merupakan tumbuhan pakuan yang banyak dicari oleh para peternak ikan, khusus ikan lele sebagai alternatif pakan tambahan yang murah. Protein yang terkandung pada tanaman ini cukup tinggi, yakni sekitar 25 hingga 35 persen.

  1. Unggas
Baca Juga:  Pakan Alternatif Kambing untuk Mendongkrak Produksi Susu

Pada peternakan ayam setiap harinya ada saja ayam yang mati. Limbah ayam bisa Anda gunakan untuk memberi makan ikan lele karena lele merupakan hewan karnivora. Akan tetapi, ayam yang sudah mati tidak boleh diberikan secara langsung untuk menghindari wabah penyakit pada ikan. Ayam harus direbus serta dibersihkan dulu. Proses perebusan ini bertujuan menghilangkan bau dan membunuh bibit penyakit yang mungkin terkandung dalam ayam.

Loading...
Loading...