5 Racun Pembasmi Hama yang Paling Mujarab

Pertanianku — Di dunia pertanian, ada banyak jenis racun hama yang bisa Anda pakai. Namun, ada 5 racun pembasmi hama yang paling mujarab. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

racun pembasmi hama
Foto: Google Image
  1. Insektisida

Salah satu jenis racun hama pertama yang akan kita bahas kali ini adalah insektisida. Ini merupakan jenis racun hama yang memiliki kandungan kimiawi dan sangat baik untuk mengatasi serangan serangga. Beberapa jenis serangga yang biasa menjadi musuh para petani budidaya tanaman misalnya saja kutu busuk, kecoak, rayap, semut, ulat, wereng ataupun belalang dan serangga lainnya bisa dibasmi dengan insektisida.

  1. Herbisida

Jika membicarakan jenis racun hama yang akan bekerja untuk pencegahan dan membasmi segala jenis tanaman penganggu (gulma), herbisida adalah jawabannya. Anda memerlukan obat ini agar bisa mengendalikan pertumbuhan gulma.

Loading...

Gulma akan menyerap dan mengalahkan fungsi akar tanaman untuk mengambil bahan makanan yang berasal dari zat hara tanah. Dengan begitu, tanaman yang memiliki gulma di sekitarnya tidak akan tumbuh dengan baik dan akan menjadi sangat terganggu perkembangannya.

  1. Nematisida

Pestisida yang satu ini akan mengatasi masalah cacing perusak tanaman. Cacing ini merupakan hama pengganggu yang akan secara sengaja merusak bagian umbi serta akar tanaman yang sedang Anda budidayakan.

  1. Fungisida

Ini juga merupakan pestisida kimiawi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan jamur perusak. Pertumbuhan jamur yang tidak dikendalikan akan membuat busuk batang, akar, dan buah pada tanaman budidaya.

  1. Rodentisida

Jenis racun hama terakhir yang akan kita bahas ini merupakan jenis pestisida kimiawi yang digunakan untuk bisa membasmi jenis-jenis binatang pengerat. Binatang ini misalnya saja tikus yang merusak budidaya padi di sawah.

Baca Juga:  Ketahui Tanda Tomat Siap Panen
Loading...
Loading...