5 Tabulampot yang Mudah Ditanam untuk Menghidupkan Pekarangan

Pertanianku — Ingin panen di pekarangan rumah sendiri? Caranya gampang, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa benih tanaman dan pot-pot yang ukurannya cukup besar. Kegiatan tersebut dinamakan tabulampot (tanaman buah dalam pot). Lalu, apa saja tabulampot yang mudah ditanam untuk menghidupkan pekarangan rumah Anda?

tabulampot yang mudah ditanam
Foto: Pixabay

Ada 5 jenis tanaman yang bisa Anda pilih, yakni:

  1. Tomat

Cara menanam tomat dalam pot cukup mudah, hanya dibutuhkan waktu tiga bulan dengan menyebarkan benih di media tanam berupa pot atau polibag. Tapi, benih tomat haruslah yang berkualitas baik. Berikan juga penyangga supaya tanaman buah dalam pot ini tumbuh subur dan tetap tegak, sambil juga disiram dan dipangkas tunas barunya.

Loading...
  1. Stroberi

Banyak disukai anak-anak dan orang dewasa, stroberi paling sedap saat disajikan sebagai kudapan buah yang dingin. Apalagi jika dipanen dari tabulampot yang Anda rawat sendiri, dijamin stroberi akan semakin lezat disantap.

Stroberi bisa jadi tanaman buah dalam pot dengan cara mempersiapkan bibitnya dan meletakkannya ke dalam wadah pot secara tertata dengan jarak tertentu. Pot yang digunakan dianjurkan berukuran sedang dengan diameter minimal 15 cm dan diisi dengan tanah yang gembur.

  1. Jeruk kasturi

Jeruk kasturi atau limau kasturi bisa menjadi tanaman buah dalam pot paling ideal dan tumbuh subur sepanjang tahun. Cara sukses menanam tanaman buah dalam pot ini adalah dengan menggunakan bibit jeruk nipis hasil okulasi supaya buah bisa tumbuh cepat dengan subur. Untuk pot sebagai wadah tanaman ini, bisa dipilih yang berukuran diameter 20—40 cm dengan campuran tanah ditambah arang, humus, pasir, dan pupuk kandang.

  1. Jambu biji

Sebagai jenis tanaman yang memiliki toleransi terhadap suhu tropis yang tinggi, jambu biji sering menjadi pilihan tanaman buah dalam pot di Indonesia. Jambu biji juga sangat dianjurkan untuk ditanam dengan cara generatif atau dari biji, dibandingkan dengan cara vegetatif atau cangkok.

  1. Semangka
Baca Juga:  Manfaat Buah Kiwi untuk Diet

Untuk menikmati kesegaran buah semangka yang optimal, pastikan tanaman buah dalam pot ini tumbuh subur dengan menggunakan media tanam dengan tanah yang kaya akan unsur hara ber-pH netral sekitar 5—7. Masukkan benih dari bibit semangka pilihan sekitar dua hingga tiga benih dalam sebuah pot standar. Pemeliharaan rutin termasuk mengendalikan hama penyakit akan menjadikan panen dari tanaman buah dalam pot ini yang paling dinanti-nanti.

Loading...
Loading...