5 Tanaman Hias yang Mengambang di Air

Pertanianku — Apakah Anda ingin memelihara tanaman hias air? Ada banyak jenis tanaman hias yang hidup di air. Salah satu karakteristik yang disukai adalah bisa mengambang di atas air. Tanaman hias ini biasanya disenangi oleh pemilik kolam ikan yang cukup luas sehingga bisa memberikan kesejukan dan oksigen bagi ikan. Berikut ini 5 jenis tanaman hias tersebut.

Apu-apu

tanaman hias air
Foto: pixabay

Tanaman hias yang memiliki nama Latin Pistia stratiotes ini bisa tumbuh dengan baik di air yang beraliran tenang, seperti kolam ikan. Biasanya, apu-apu digunakan sebagai pelindung kolam. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai apu-apu tumbuh liar di persawahan yang cukup air. Apu-apu juga bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis ataupun subtropis.

Loading...

Cape pond

tanaman hias air
Foto: rhs.org.uk

Bunga putih yang indah merupakan ciri dari tanaman cape pond. Tak banyak yang tahu bila bunga tersebut aman untuk dikonsumsi, bahkan menjadi santapan di negara asalnya. Berasal dari Afrika Selatan, cape pond biasanya digunakan sebagai tanaman hias di atas kolam atau akuarium. Nama Latin tanaman ini adalah Aponogeton distachytos.

Caltrops

tanaman hias air
Foto: natureloveyou.sg

Jika cape pond bisa dikonsumsi bunganya, tanaman hias caltrops bisa dikonsumsi bagian buahnya. Anda tentu pernah melihat tanaman ini jika menyaksikan serial dari India. Sebab, tanaman ini cukup populer di negara tersebut dan termasuk buahnya yang biasa dikonsumsi dengan tanaman singhara.

Teratai

tanaman hias air
Foto: freepik

Teratai termasuk dalam genus tanaman Nymphaea dan dalam bahasa Inggris acap kali disebut sebagai water lily. Teratai bisa tumbuh pada air dengan permukaan tenang. Di atas permukaan air, Anda bisa melihat daunnya yang mengambang dan juga bunga teratai dengan warna indah yang memesona mata.

Daun teratai tidak mengandung lapisan lilin di atasnya sehingga air yang dijatuhkan tidak akan membentuk butiran air. Bunga teratai terdapat pada tangkainya yang merupakan perpanjangan dari rimpang teratai yang berada di bawah air. Bunga ini memiliki diameter antara 5—10 cm dan berwarna cerah. Di dunia, ada lebih dari 50 spesies teratai.

Baca Juga:  Cara Membuat Terarium dengan Memanfaatkan Botol Bekas

Lotus

tanaman hias air
Foto: freepik

Sering disangka satu jenis dengan teratai, lotus memiliki marga bernama Nelumbo. Dalam bahasa Indonesia, lotus disebut sebagai seroja. Ia memiliki tangkai bunga yang tegak dan bunganya tidak mengapung di atas air. Tangkai ini merupakan tabung kosong yang berfungsi sebagai jalan bagi udara. Lotus sering digunakan sebagai penghias kolam. Rimpang lotus juga bisa dikonsumsi.

Loading...
Loading...