5 Tanaman Obat Terampuh untuk Pengobatan Herbal


Pertanianku — Meski sudah memasuki era modern, tanaman obat masih sangat populer dan dipercayai banyak orang. Ada begitu banyak jenis tanaman obat. Namun, adakah jenis tanaman obat terampuh yang bisa kita tanam di rumah sebagai tanaman obat yang siap siaga?

tanaman obat terampuh
Foto: Google Image

Macam-macam tanaman obat tradisional berkhasiat tinggi menyembuhkan berbagai penyakit. Masyarakat pun merasa lebih aman mengonsumsinya karena sangat sedikit efek samping yang terjadi dibanding obat kimiawi dan sintetis. Nah, berikut ini daftar tanaman obat terampuh yang bisa Anda tanam di halaman rumah.

  1. Sambiloto

Sambiloto telah lama dikenal untuk berbagai pengobatan herbal. Daun sambiloto kaya akan kandungan senyawa Andrographolide. Senyawa ini adalah senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Senyawa kimia dengan rasa pahit ini memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif). Senyawa ini terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol.

Khasiat senyawa Andrographolide berkaitan erat dengan aktivitas enzim-enzim metabolik tertentu. Selain berkhasiat melindungi hati, sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Andrographolide mampu menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).

  1. Jambu biji

Jambu biji atau tumbuhan yang memiliki nama Latin Psidium quajava sangat berkhasiat untuk pengobatan herbal. Daun jambu biji yang masih muda dapat berfungsi sebagai obat sakit perut.

Ambil beberapa lembar daun yang masih muda, kemudian dicuci dan direbus. Minum rebusan daun jambu biji muda tersebut sekitar 3 kali sehari. Cara lainnya, yaitu dengan memakan langsung daun muda (pucuk) jambu biji sebanyak 3 helai.

  1. Ciplukan

Ciplukan memiliki nama Latin Physalis angulata. Daun ciplukan berkhasiat tinggi dalam menyembuhkan sakit tenggorok, batuk rejan, gondongan, dan bisul. Daun ciplukan kaya akan asam klorogenat, kulit buah kaya akan kandungan C27H44O-H2O1 dan bijinya diperkaya kandungan elaidic acid.

Jika digunakan untuk obat bisul, ambil setengah genggam daun ciplukan lalu dicuci dan digiling halus. Setelah itu, tumbukan tersebut ditempelkan di bisul dan sekelilingnya. Sementara, untuk pengobatan penyakit lainnya diperlukan seluruh bagian tanaman sebanyak 9—15 gram yang kemudian direbus. Air rebusan tersebutlah yang diminum secara rutin.

  1. Jeruk nipis
Baca Juga:  Cara Menikmati Berondong Jagung dengan Sehat

Jeruk nipis memiliki nama Latin Citrus sp. Buah jeruk nipis kaya akan air dan vitamin C yang tinggi. Sementara, daun, buah, dan bunganya, mengandung minyak terbang limonin dan linalool. Jeruk nipis dengan khasiat tinggi, yaitu jeruk nipis yang masih segar, berkulit tipis, serta berwarna hijau kekuningan.

Buah jeruk nipis mengandung asam sitrun, glukosa, lemak, minyak atsiri, vitamin C, kalsium, fosfor, belerang, dan asam amino. Jeruk nipis berkhasiat tinggi sebagai obat batuk. Cara meramunya cukup mudah. Buah jeruk nipis diperas, tempatkan airnya ke dalam gelas, kemudian tambahkan dengan garam dan gula pasir secukupnya. Ramuan ini sebaiknya diminum setiap pagi hari.

  1. Bayam duri

Bayam duri memiliki nama Latin Amaranthus spinosus dan berkhasiat tinggi sebagai obat radang saluran pernapasan, wasir, dan demam. Bayam duri kaya akan kandungan amarantin, rutin, kalium nitrat, piridoksin, zat besi, garam fosfat, serta vitamin A, C, dan K.

Cara meramunya cukup mudah. Seperempat genggam daun bayam duri dicuci bersih, digiling dengan 3 sendok makan air masak dan garam sedikit. Lumatan ini lalu diperas dan juga disaring. Cairan tersebut diminum sehari 2 kali secara rutin agar hasil yang diterima lebih maksimal.