5 Tepat yang Harus Diterapkan Saat Pemupukan

Pertanianku Pemupukan menjadi faktor utama untuk menentukan tingginya produktivitas tanaman sehingga proses pemberian pupuk harus dilakukan dengan cara yang benar. Pemberian yang benar bukan hanya meliputi cara aplikasi pupuk pada tanaman, melainkan juga meliputi jenis pupuk yang dipilih, waktu pemberian pupuk, dosis yang digunakan, dan formula pupuk yang diberikan. Berikut ini 5 tepat yang perlu dilakukan saat pemupukan.

pemupukan
foto: Pertanianku

Tepat cara

Pemberian pupuk harus dilakukan dengan cara yang benar. Cara pemberian yang salah dapat menyebabkan pupuk terbuang sia-sia karena tercuci oleh air atau menguap begitu saja sehingga tanaman tidak bisa menyerap nutrisi yang sudah diberikan.

Tepat waktu

Pemupukan yang dilakukan pada waktu yang tepat dapat membuat kinerja pupuk menjadi lebih optimal. Umumnya, pupuk diberikan pada pagi atau sore hari, begitupun dengan pupuk yang diberikan melalui daun.

Pupuk yang diberikan melalui daun perlu diperhatikan kondisi stomata daun agar pupuk tersebut bisa diserap oleh tanaman. Kondisi stomata daun sangat dipengaruhi oleh waktu. Oleh karena itu, tepat waktu sangat penting saat pemupukan.

Pemberian pupuk perlu diberikan ketika tanaman sudah membutuhkan asupan unsur hara. Untuk pupuk organik atau pupuk kandang, sebaiknya diberikan dua minggu sebelum tanam karena pupuk organik bekerja lambat sehingga tanah sudah kaya unsur hara ketika ingin digunakan bertanam.

Tepat bentuk

Formula atau bentuk pupuk perlu disesuaikan dengan kondisi tanah dan kebutuhan tanaman. Pupuk yang diberikan dalam bentuk butiran memang memudahkan petani karena bisa dilakukan dalam waktu yang cepat, tetapi pemberian ini dapat berisiko menyebabkan pupuk tercuci. Bentuk tepung atau cair memang membutuhkan tenaga kerja serta waktu yang lebih lama, tetapi pemberian ini tidak akan menyebabkan pupuk hanyut terbawa oleh air.

Baca Juga:  Manfaat Tanaman Penutup Tanah Bagi Tanaman Durian

Tepat dosis

Sebelum memberikan pupuk, Anda perlu mengetahui kebutuhan nutrisi tanaman dan target hasil yang ingin dicapai. Kedua hal tersebut sangat berkaitan dengan dosis pupuk yang dibutuhkan karena tiap jenis pupuk membutuhkan dosis pemupukan yang berbeda-beda.

Tepat jenis

Ada banyak jenis pupuk yang tersedia di pasaran. Tiap jenis tersebut mengandung unsur hara makro dan mikro yang berbeda-beda. Itu sebabnya Anda perlu memilih jenis pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Selain kandungan di dalam pupuk, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis pupuk yang akan diberikan, pupuk organik atau pupuk anorganik.