5 Tips Memudahkan Beternak dan Bisnis Puyuh Petelur

Pertanianku — Sudah sejak lama telur puyuh menjadi salah satu jenis bahan pangan konsumsi yang digemari oleh masyarakat. Sudah banyak jenis masakan yang dibuat dari puyuh petelur. Tak heran, jika bisnis puyuh petelur terus diminati masyarakat. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk menjalankan bisnis puyuh petelur.

bisnis puyuh petelur
foto: pertanianku

Nafsu makan dan produktivitas bertelur

Anda harus mengantisipasi penurunan nafsu makan dan produktivitas telur yang disebabkan karena burung puyuh stres. Puyuh bisa stres disebabkan oleh keadaan kandang yang bising. Oleh karena itu, letakkan kandang untuk bisnis puyuh petelur pada tempat yang nyaman, jauh dari kebisingan apalagi yang terjadi secara mendadak.

Loading...

Mencegah sifat kanibalisme

Sifat kanibalisme puyuh bisa muncul pada saat sedang birahi atau lapar. Anda harus memastikan pakan yang diberikan cukup dan terpenuhi kandungan nutrisinya. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan kondisi kandang yang nyaman, sirkulasi udara yang baik, dan jumlah puyuh yang tidak terlalu padat di dalam kandang untuk meminimalisir timbulnya sifat kanibalisme.

Cara mengenali puyuh jantan dan betina

Anda bisa mengenali puyuh petelur jantan dan betina melalui beberapa cara berikut.

  • Puyuh betina lebih besar sekitar 2 persen dari puyuh jantan.
  • Warna bulu puyuh betina lebih cerah dibanding warna bulu puyuh jantan.
  • Puyuh jantan bisa berkokok, sedangkan puyuh betina tidak bisa.
  • Pada dubur puyuh betina terdapat lubang melebar horizontal. Sementara, pada dubur puyuh pejantan terdapat bulatan yang akan mengeluarkan sperma jika dipencet.

Lakukan peremajaan

Untuk meningkatkan kembali tingkat produktivitas telur, induk jantan dan betina penghasil telur harus diremajakan setiap 6—8 bulan.

Menghadapi fluktuasi harga telur

Seperti komoditas telur unggas lainnya, harga telur puyuh juga bisa mengalami fluktuasi harga. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh panen telur puyuh yang bersamaan sehingga harga telur menjadi turun. Biasanya sebagian peternak akan menghentikan produksinya saat seperti ini agar bisa tetap bertahan. Jika tetap dipaksakan, harga telur semakin anjlok dan modal yang mereka keluarkan tidak akan kembali.

Baca Juga:  Kerupuk Tulang Lele, Ide Bisnis yang Lezat
Loading...
Loading...