5 Tips Mudah Mengolah Sayur Tetap Hijau

Pertanianku — Umumnya, pengolahan sayur-mayur akan menyebabkan warnanya berubah menjadi kusam. Perubahan warna ini terjadi karena penggunaan suhu tinggi dalam pemasakan. Selain merusak komponen gizi, warna yang berubah juga menyebabkan sayuran kurang disukai. Inilah tips mengolah sayur agar warnanya tetap hijau saat dimasak.

tips mengolah sayur
Foto: pixabay

Pilih sayuran segar

Beberapa jenis sayuran yang akan berubah warna ketika dimasak antara lain bayam, kangkung, kacang panjang, hingga brokoli. Sayur-mayur ini biasanya diolah dengan cara direbus menjadi sayur atau ditumis.

Loading...

Sebelum memasaknya, pastikan Anda sudah memilih sayur yang digunakan adalah sayur segar. Hindari menggunakan sayuran yang sudah layu atau menjelang layu karena lebih mudah berubah warna ketika dimasak.

Tambahkan garam

Penambahan garam ketika merebus dapat digunakan agar warna sayuran tetap menarik dan tidak kecokelatan. Selain itu, garam juga akan memberi rasa pada sayuran yang direbus. Oleh karena itu, jangan lupa menambahkan garam pada air rebusan.

Cara merebus

Rebus sayuran dengan cara berikut. Pertama, pastikan air yang akan digunakan sudah mendidih. Masukkan sayuran ketika air sudah mendidih. Masak dalam waktu yang sebentar saja dan bisa juga dilakukan degan metode pencelupan.

Jika sudah, angkat sayuran dan masukkan ke wadah berisi air dingin. Air dingin akan membantu menghentikan reaksi pemasakan pada sayuran. Warna sayuran pun akan tetap hijau dan tidak berubah kecokelatan. Jika sudah, angkat dan tiriskan.

Cara khusus dapat diterapkan pada sayuran daun seperti kangkung, sawi, dan caisim. Sayuran ini sebaiknya direbus dengan panci terutup. Angkat sayuran saat mulai terlihat layu.

Sebaliknya, sayuran daun singkong sebaiknya direbus dengan panci terbuka. Hal ini agar zat penyebab warna cokelat pada daun singkong cepat menguap. Daun singkong yang direbus dengan cara ini akan memiliki warna yang tetap hijau.

Baca Juga:  4 Jenis Sawi yang Umum Dipilih Konsumen

Tips menumis agar tidak kecokelatan

Jika ingin membuat tumisan berbahan sayuran hijau, Anda bisa mengganti minyak yang digunakan dengan minyak zaitun. Minyak zaitun juga membantu menjaga nutrisi pada sayuran. Tetaplah memasak dalam waktu yang singkat dan sudahi sebelum sayuran menjadi layu.

Loading...
Loading...