5 Trik Jitu Ternak Jangkrik

Pertanianku — Jangkrik merupakan serangga yang kini mulai diternakkan menjadi binatang konsumsi karena kandungan proteinnya yang tinggi bisa menggantikan daging. Selain itu, jangkrik sudah dari dulu dimanfaatkan sebagai pakan hewan peliharaan. Oleh karena itu, potensi bisnis ternak jangkrik cukup menjanjikan.

ternak jangkrik
foto: pertanianku

Ternak jangkrik pun semakin menggiurkan saat permintaan untuk komoditas ini semakin meningkat tiap tahunnya. Agar ternak jangkrik Anda berhasil, sebaiknya siapkan beberapa kepentingan peternakan yang memadai. Selain itu, perhatikan 5 trik jitu berikut ini yang memengaruhi usaha ternak jangkrik.

Gunakan rumah budidaya khusus

Loading...

Untuk beternak jangkrik, sebaiknya gunakan rumah budidaya khusus atau menggunakan ruangan dalam rumah yang tidak terpakai. Anda bisa memanfaatkan rumah kosong yang tidak terpakai. Tempat seperti itulah yang ideal untuk memulai usaha perkembangbiakan jangkrik.

Kotak budidaya

Rumah atau ruang yang kosong tidak akan menghalangi datangnya hama yang mengincar jangkrik ternakan Anda. Gunakan kotak budidaya dengan meletakkan wadah berisi oli di setiap kaki kotak budidaya. Hal ini berguna untuk mencegah hama masuk ke kotak budidaya dan memangsa jangkrik.

Kotak budidaya dapat dibuat menjadi dua tingkat untuk mengefisiensikan ruang budidaya. Untuk memudahkan Anda panen, gunakan bangku untuk menjangkau tingkat dua kotak budidaya.

Mencegah kanibalisme jangkrik

Jangkrik merupakan hewan yang memiliki sifat alamiah kanibalisme. Oleh karena itu, penting untuk Anda mencegah timbulnya sifat kanibalisme dengan cara menjaga suhu udara dalam kotak budidaya tidak terlalu tinggi dan selalu menyediakan pakan yang memiliki kandungan air, seperti daun sawi, daun bayam, dan daun singkong.

Pengaturan suhu

Jangkrik tidak bisa tahan pada suhu yang terlalu tinggi dan rendah. Pada suhu tinggi jangkrik bisa menjadi kanibal, sedangkan pada suhu rendah dapat menyebabkan kematian. Gunakan lampu penghangat 5 watt di tiap kotak. Selain itu, fungsi lampu ini juga digunakan sebagai penerangan dalam kotak budidaya.

Baca Juga:  Tips Jitu Mencegah Sapi Sakit

Pemasaran

Jangkrik bisa dipasarkan secara mandiri atau dilakukan dengan sistem plasma sehingga peternak plasma bisa menyetorkan hasil panen jangkriknya ke inti. Inti yang dimaksud adalah peternak jangkrik yang sudah lebih senior dan sudah memiliki pasar yang tetap.

 

Loading...
Loading...