5 Trik Sederhana Menyelamatkan Bumi dari Kerusakan Alam


    Pertanianku — Manusia dengan segala peradabannya telah menghancurkan planet bumi. Kita sebagai umat manusia sudah seharusnya memperbaiki kerusakan bumi ini. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan alam.

    menyelamatkan bumi
    Foto: Google Image

    Seperti dilansir dari Huffington Post, berikut ini lima cara untuk menyelamatkan planet kita dengan cara yang mudah dan sederhana.

    1. Membuat kebun sayuran

    Banyak sekali air yang diperlukan untuk menghasilkan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sebuah kacang almond bisa menghabiskan air sebanyak satu galon sebelum bisa kita konsumsi. Sementara, sepotong hamburger bisa menghabiskan sampai 660 galon air.

    Untuk mengimbangi hal ini, buatlah kebun sayuran dan makan makanan tanpa daging setidaknya satu minggu sekali. Buah-buahan dan sayur-sayuran jauh lebih bersahabat terhadap alam dibandingkan dengan daging, terutama daging merah yang sangat rakus air dan menghasilkan emisi.

    1. Menambahkan tanaman bunga liar di taman

    Hampir sepertiga dari semua makanan yang kita produksi di dunia ini bergantung pada serangga yang membantu penyerbukan seperti lebah, lalat, dan ngengat. Sayangnya, serangga-serangga tersebut semakin menghilang.

    Solusi sederhana untuk masalah ini, yaitu menanam bunga liar yang merupakan makanan alami untuk lebah dan beberapa serangga penyerbuk lain. Cara ini juga akan memberi pilihan untuk mendapatkan bahan makanan organik dan mengurangi penggunaan pestisida.

    1. Mengganti halaman rumput dengan batu dan tanaman

    Gubernur California Jerry Brown pernah mengumumkan keputusan yang berat untuk mengatasi kekurangan air di sana. Salah satunya adalah pengaturan menyiram halaman rumput di rumah warga.

    Namun warga di sana mengambil langkah proaktif untuk mengatasi masalah ini dengan menyingkirkan semua rumput di halaman mereka dan menggantinya dengan tanaman berdaun banyak serta batu sebagai perkerasan di halaman.

    Baca Juga:  Cara Paling Efektif Konsumsi Alpukat untuk Ibu Hamil

    Masyarakat semakin menyadari kesulitan yang terjadi dan banyak yang benar-benar bertindak karena kesadaran tersebut.

    1. Daur ulang dan pengomposan sampah dapur

    Warga Amerika adalah pendaur ulang yang buruk. Warga di sana menghasilkan hampir 2 kg sampah per orang per hari, sedangkan yang didaur ulang kurang dari sepertiganya. Badan perlindungan lingkungan di sana memperkirakan bahwa sampai 75% sampah kita bisa didaur ulang atau dibuat kompos.

    1. Memasang pembangkit listrik energi terbarukan di rumah

    Harga listrik yang dihasilkan panel surya semakin terjangkau dalam beberapa tahun belakangan. Pada 1970-an harga per wattnya adalah $150, sedangkan sekarang hanya tinggal 60 sen dolar per watt.