6 Bahan Makanan Ini Nutrisi Penting Bagi Otak

Pertanianku — Otak merupakan pusat koordinasi seluruh aktivitas jaringan organ tubuh. Sebagai pusat koordinasi, tentunya fungsi otak harus berjalan baik. Tidak jarang orang-orang mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan performanya. Padahal, ada 6 bahan makanan di sekitar kita yang bisa menjadi nutrisi penting bagi otak.

bahan makanan
Foto: Pixabay

Bahan makanan yang dimaksud mudah ditemui di keseharian kita. Berikut ini 6 bahan makanan yang menjadi nutrisi penting bagi otak.

  1. Brokoli

Brokoli kaya vitamin K, anti-oksidan, dan anti-inflamasi yang mampu melindungi otak dari kerusakan dan meningkatkan fungsi otak, yaitu terkait ingatan. Vitamin K ini adalah vitamin larut lemak yang penting untuk membentuk sfingolipid atau tipe lemak yang membungkus sel-sel otak.

Loading...

2. Salmon

Salmon mengandung asam lemak esensial omega-3 yang penting untuk fungsi otak. Sekitar 60 persen otak terdiri atas lemak dan setengahnya adalah jenis omega-3. Asam lemak ini penting untuk fungsi belajar dan mengingat. Selain salmon, sarden juga mengandung asam lemak yang baik untuk otak.

Disarankan mengonsumsi sekitar 113 gram ikan salmon per sajian selama 2—3 kali dalam sepekan untuk mendapatkan manfaat peningkatan fungsi otak.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian biasa menjadi makanan ringan atau selingan yang banyak mengandung vitamin E. Kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik untuk dikonsumsi antara lain kenari, hazelnut, almond, kacang mete, kacang tanah, biji bunga matahari, biji chia, dan wijen.

4. Avokad

Avokad atau alpukat seringkali dijadikan jus atau pendamping salad. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk aliran darah. Mengonsumsi alpukat sebanyak seperempat atau setengah buah setiap harinya baik untuk nutrisi otak.

5. Telur

Telur mengandung kolin—bahan awal untuk pembentukan asetilkolin, yaitu salah satu neurotransmiter penting pada otak, yang berperan penting dalam pengiriman sinyal atau impuls dari satu saraf ke saraf lain.

Baca Juga:  Buah Ini Bisa Jadi Alternatif Daging Berkhasiat untuk Para Vegan

6. Tomat ceri

Tomat ceri mengandung karotenoid yang mampu meningkatkan kemampuan kognisi dan memori dalam jangka waktu panjang. Selain itu, tomat ceri mengandung likopen yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari inflamasi. Kandungan likopen terbesar berada di bagian kulit tomat.

Loading...
Loading...