6 Fakta Menarik Buah Pepaya

Pertanianku — Pepaya merupakan buah yang berasal dari Amerika dan Meksiko Selatan. Buah ini memiliki kandungan nutrisi vitamin (C, A, E, dan B), mineral (magnesium dan kalium), serat, serta kandungan anti-oksidan. Pepaya sering dikaitkan dengan masalah pencernaan. Buah ini diduga mampu melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang banyak. Ada beberapa fakta menarik tentang buah pepaya yang belum banyak orang ketahui.

 buah pepaya
foto: pixabay

Bagus untuk menstruasi dan ASI

Untuk kasus menstruasi tidak lancar, perempuan dianjurkan untuk rutin minum jus pepaya yang dapat memperbaiki siklus haid mereka. Selain itu, nutrisi dan enzim yang ada dalam buah mampu mencegah dan menurunkan risiko serangan kanker serviks.

Loading...

Kandungan buah pepaya juga baik untuk pertumbuhan payudara agar tetap sehat. Vitamin A yang terkandung dalam pepaya mampu merangsang hormorn wanita untuk menghasilkan jumlah ASI yang lebih banyak.

Ada sedikit pantangan untuk ibu hamil

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi biji, daun, dan jus pepaya mengkal. Hal ini karena akan menimbulkan sifat abortivum atau meluruhkan kandungan.

Daun pepaya kurang baik untuk anak-anak

Jangan berikan daun pepaya untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena mengandung alkaloid carpaine yang dapat bekerja seperti digitalis atau obat penguat jantung untuk pasien penderita gagal jantung.

Bagus untuk merawat kulit

Kadar vitamin C yang dimiliki oleh buah pepaya lebih tinggi 48 kali lipat daripada buah apel. Pepaya juga memiliki kemampuan untuk detoksifikasi sehingga sangat baik untuk menyegarkan kulit dari dalam. Selain mampu menyegarkan kulit, pepaya juga mampu mendorong proses metabolisme kulit dan menunda penuaan dengan cara melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang dapat timbul di pori-pori.

Telapak tangan dan telapak kaki menguning

Baca Juga:  Tips Jitu Mengatasi Hama Rayap pada Pohon Kopi

Jika Anda terlalu banyak memakan buah pepaya dapat menyebabkan karotenemia, telapak tangan dan telapak kaki menguning. Namun tidak usah khawatir, telapak tangan dan telapak kaki menguning hanya sementara.

Kontrasepsi alami

Selama berabad-abad lamanya, di beberapa belahan dunia, buah pepaya yang masih muda digunakan oleh perempuan sebagai alat kontrasepsi alami.

 

Loading...
Loading...