6 Fakta Unik Telur yang Perlu Diketahui

Pertanianku — Telur menjadi bahan makanan populer yang sering diolah menjadi berbagai masakan atau kue. Selain itu, telur juga berguna sebagai dekorasi, misalnya untuk menghias nasi tumpeng. Nah, di samping itu, perlu Anda ketahui pula fakta unik telur berikut ini.

fakta unik telur
Foto: Shutterstock

1. Warna telur ayam tidak hanya putih atau cokelat

Warna telur ayam tergantung pada ras ayam tersebut. Warna telur yang dihasilkan bisa berwarna biru, biru kehijauan, cokelat kemerahan, atau bahkan berbintik-bintik.


Loading...

2. Anda bisa tahu kesegaran atau usia telur dengan merendamnya di dalam air

Mengetahui apakah telur masih segar atau sudah lama, bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Caranya sangat mudah, yaitu isi mangkuk besar dengan air yang banyak dan masukkan telur ke mangkuk tersebut. Bila telur tenggelam ke dasar mangkuk, berarti telur masih segar. Tapi jika mengapung ke atas permukaan, telur tersebut sudah tidak lagi segar.

3. Amerika memproduksi sekitar 75 miliar telur setiap tahun

Jumlah tersebut kira-kira sepuluh persen dari total produksi telur di dunia. Amerika bukan pemasok telur terbesar di dunia, melainkan Cina. Di Cina, produksi telur mencapai lebih dari 390 miliar setiap tahun atau sekitar setengah dari jumlah pasokan telur di dunia.

4. Ayam bukanlah satu-satunya unggas yang telurnya bisa dimakan

Meskipun telur ayam yang sering dikonsumsi, terdapat unggas lain yang telurnya juga bisa dimakan. Beberapa unggas yang telurnya bisa dikonsumsi oleh manusia di antaranya bebek, emu, angsa, kalkun, burung unta, dan burung puyuh.

5. Gunakan telur yang tidak terlalu segar bila ingin merebus bersama kulitnya

Hal ini karena pada telur segar, putih telur masih menempel erat dengan kulit sehingga lebih sulit untuk mengupas kulitnya saat direbus.

Baca Juga:  Kental dengan Imej Daerah, Ini Jenis Sapi Asli Indonesia

6. Telur bisa digunakan untuk mengobati berbagai luka

Membran yang mengelilingi putih telur dapat digunakan untuk membantu mengobati demam, menyembuhkan luka ringan, mengobati memar, mengurangi bekas luka, mendinginkan kulit terbakar, dan menghentikan pendarahan.

Loading...
Loading...