6 Jenis Kubis yang Dapat Menghasilkan Keuntungan

Pertanianku — Beberapa jenis kubis mengandung vitamin yang berbeda-beda. Kubis berdaun hijau mengandung vitamin C, kubis putih sumber vitamin A, dan kubis bunga sumber vitamin B. Jenis kubis yang tersebar di pasaran saat ini sangat banyak jenisnya dan memiliki penampilan yang berbeda-beda. Ada yang dikonsumsi dalam bentuk daun, umbi, bunga, dan krop. Berikut jenis kubis yang bisa Anda budidayakan untuk menghasilkan keuntungan.

jenis kubis
foto: pertanianku

Kubis krop atau telur (Brassica oleracea L. capitata L.)

Kubis krop sering dikenal sebagai kubis putih dan memiliki daun yang berbentuk krop. Daun-daun krop saling menutup satu sama lain sehingga tampak berwarna putih. Krop yang saling menumpuk memiliki bentuk besar dan padat (kompak) hingga memiliki daya tahan banting yang baik.

Contoh varietas yang sering digunakan adalah hybrid K-K cross, K-Y cross, hybrid 21, R.v.E., yoshin, pujon, segon, copenhagen market, dan kubis merah.

Kubis daun kampung (Brassica oleracea L. var, acephala DC)

Contoh jenis kubis yang sering dibudidayakan adalah sayuran kale dan kailan. Sayuran ini sangat terkenal dengan varietas benten dan tsoi-sim.

Kubis umbi (Brassica oleracea L. var . gongylodes L)

Umbi besar merupakan bagian bawah batang yang berada di bawah tanah atau di atas tanah yang mengalami pembesaran. Varietas kubis umbi yang paling terkenal adalah kolrabi. Kolrabi banyak diperbanyak dengan cara biji.

Kubis tunas atau kubis babat (Brassica olerace L. var bullata DS)

Kubis tunas biasanya membentuk krop. Bahkan, tunas yang muncul di samping pun dapat membentuk krop kecil. Dalam satu pohon kubis tunas, akan membentuk beberapa krop kecil. Varietas yang sering digunakan adalah brusselssprout, pearls, garmet, jasper, dan jade cross. Kubis tunas yang paling dikenal berasal dari Dieng dengan jenis argalingga.

Baca Juga:  Cara Menanam Bibit Markisa yang Benar

Kubis bunga (Brassica oleracea L. var botrytis L)

Kubis bunga akan memiliki bakalan bunga yang mengembang dan membentuk masa bunga. Bunga yang tumbuh berbentuk kerucut terbalik dan berwarna putih kekuning-kuningan. Contoh varietas kubis bunga yang sering digunakan adalah snowball dan snowpeak.

Brokoli (Brassica oleracea L. var cymosa Lam atau Brassica oleracea L. var. italica)

Brokoli akan memiliki bunga brokoli yang berwarna hijau, lebih kompak, dan bercita rasa lebih lezat dibandingkan kubis bunga.


loading...