6 Jenis Mentimun yang Bisa Anda Jumpai di Indonesia

Pertanianku — Buah yang satu ini dikenal banyak mengandung nutrisi. Rasanya yang nikmat menjadikannya sering dijadikan olahan makanan, minuman, ataupun lalapan. Ternyata, selain timun yang biasa dikonsumsi sehari-hari, ada lagi jenis mentimun yang terdapat di Indonesia.

jenis mentimun
Foto: pixabay

Mentimun biasa atau timun

Mentimun jenis ini merupakan yang paling sering kita temukan dan jadikan santapan. Timun memiliki ciri-ciri kulit buah yang tipis dan lunak. Selain itu, warna buah saat masih muda berwarna hijau keputihan.

Loading...

Jika sudah tua, warna buah akan berubah menjadi cokelat. Kulit timun juga lama-kelamaan berwarna hijau pucat sampai putih. Jenis ini merupakan paling banyak ditanam di Indonesia. Buahnya biasa diolah menjadi acar dan asinan.

Mentimun watang

Mentimun watang sedikit berbeda dengan mentimun biasa. Kulit buah mentimun ini lebih tebal dan agak keras. Warna buah saat muda hijau keputih-putihan. Sementara, ketika sudah tua, warna buah berubah menjadi kuning tua.

Mentimun wuku

Bagian kulit mentimun wuku agak tebal. Warna buah mentimun wuku saat muda adalah kuning kecokelatan. Semakin tua, buah akan berubah warna menjadi cokelat.

Mentimun suri atau bonteng suri

Jenis mentimun ini dikenali dari bentuknya yang lebih besar. Umumnya, timun suri memiliki ukuran hingga 10 kali lebih besar daripada timun umumnya. Bentuknya lonjong atau oval. Rasanya repui.

Jika timun pada umumnya dijadikan lalapan, timun suri lebih banyak diolah menjadi minuman. Cara pengolahan yang mudah dan rasanya yang segar membuat minuman ini banyak digemari. Es timun suri sangat umum dijumpai saat Ramadhan sebagai salah satu minuman berbuka puasa.

Mentimun krai

Timun krai memiliki penampilan buah yang halus. Warna buah bagian dalamnya kekuning-kuningan. Ciri khasnya adalah buah bergaris-garis putih. Buah mentimun krai biasanya hanya dimakan sebagai lalap.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Tomat di Musim Hujan

Krai besar

Timun krai besar memiliki bentuk yang hampir sama dengan mentimun krai. Hanya saja, bentuk dan rasanya lebih mirip seperti mentimun biasa.

Loading...
Loading...