6 Jenis Minyak Pembawa yang Aman untuk Campuran Minyak Atsiri

Pertanianku — Minyak atsiri yang beredar di pasaran pada dasarnya merupakan campuran dengan minyak pembawa yang merupakan komponen penting untuk campuran minyak atsiri sehingga bisa digunakan dan aman untuk kulit. Minyak atsiri yang tidak mengandung minyak pembawa dapat membuat kulit iritasi.

campuran minyak atsiri
foto: pixabay

Minyak pembawa juga berfungsi untuk melicinkan minyak atsiri sehingga bisa berfungsi sebagai minyak pijat. Selain itu, minyak ini juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat jika digunakan oleh manusia. Berikut ini beberapa jenis minyak pembawa yang bisa digunakan.

Minyak almond

Loading...

Minyak almond sangat berguna bagi semua jenis kulit. Minyak ini ampuh untuk mengurangi rasa gatal, peradangan, iritasi dan membuat kulit menjadi lembut. Minyak almond bersifat mudah menyerap dan sangat bermanfaat untuk kulit yang tidak terawat, kulit tua, dan kulit kering yang sensitif.

Minyak alpukat

Minyak alpukat mengandung vitamin A dan vitamin E yang cukup banyak dan baik untuk menutrisi kulit kering. Minyak ini paling mudah meresap ke lapisan kulit terdalam dan sangat bagus digunakan untuk memijat wajah agar terlihat lebih bercahaya, melembapkan kulit, dan mengobati eksim.

Minyak bunga matahari

Minyak ini aman digunakan untuk semua jenis kulit. Minyak bunga matahari kaya akan vitamin E dan memiliki tekstur ringan sehingga mampu menghaluskan kulit serta pori-pori. Minyak ini sangat baik jika digunakan sebagai minyak pijat.

Minyak jagung

Minyak yang kaya vitamin E ini berbentuk lebih stabil dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, minyak ini mudah rusak.

Minyak jojoba

Minyak jojoba mampu melembutkan kulit kering, menyembuhkan peradangan yang terjadi pada kulit, mengontrol jerawat dan kulit berminyak, serta mengangkat semua debu dan kotoran yang menutupi pori-pori. Minyak ini aman untuk digunakan pada semua jenis kulit. Minyak jojoba merupakan jenis minyak yang paling bagus untuk dijadikan campuran untuk minyak wajah karena minyak ini mudah diserap.

Baca Juga:  Tips Jitu Mengatasi Serangan Lalat pada Bibit Jagung Manis

Minyak olive

Minyak olive mampu mengobati kulit yang terluka sehingga bisa digunakan untuk kulit yang sedang terinfeksi. Sifat minyak ini lengket sehingga cocok digunakan untuk minyak kering. Kelebihan lain dari minyak olive adalah mampu menghilangkan bintik-bintik pada kulit.

 

 

 

 

Loading...
Loading...