6 Jenis Pakan Ternak Bernutrisi Tinggi

PertaniankuPakan ternak bernutrisi tinggi merupakan syarat penting agar ternak dapat memberikan hasil yang maksimal. Jenis pakan sendiri sangat beragam, mulai dari pakan hijauan hingga pakan konsentrat. Begitu pula dari tujuan pemberian pakan, baik sebagai sumber serat kasar, energi, maupun protein. Berikut ini pakan ternak bernutrisi tinggi yang dapat menghasilkan ternak berkualitas.

Pakan ternak bernutrisi tinggi
Foto: pixabay

Rumput gajah odot

Nama ilmiah dari pakan ternak bernutrisi tinggi yang satu ini adalah Pennisetum purpureum cv. Mott. Rumput gajah odot merupakan jenis rumput unggul. Rumput ini menghasilkan banyak anakan dengan akar kuat dan batang tidak keras. Daunnya memiliki ruas yang banyak serta struktur daun muda yang disukai ternak.

Rumput BD

Selain rumput gajah otot, rumput BD alias Brachiaria decumbens merupakan jenis rumput yang disukai oleh ternak. Kandungan dalam rumput BD antara lain serat kasar 30—35 persen dan protein kasar 6—10 persen.

Rumput raja

Jenis rumput ketiga yang juga baik bagi ternak Anda adalah rumput raja atau Pennisetum purpureophides. Rumput ini merupakan sumber serat kasar bagi ternak karena kandungannya mencapai 32,6 persen. Selain itu, protein kasarnya juga cukup tinggi yakni 15,67 persen. Rumput raja dapat diperbanyak dengan cara setek.

Rumput gajah

Jenis rumput berikutnya adalah rumput gajah atau Pennisetum purpureum. Keunggulan dari rumput gajah dibanding jenis rumput lainnya adalah daya adaptasinya yang baik. Rumput gajah mengandung serat kasar sebesar 34,2 persen dan protein sebanyak 10,2 persen.

Gamal

Gamal atau glirisidae digunakan sebagai pakan ternak bernutrisi tinggi karena mengandung protein kasar 18—24 persen. Gamal biasanya dijadikan campuran dalam ransum sapi sebanyak 10 persen dari komposisi totalnya. Perbanyakan gamal dilakukan dengan biji ataupun setek. Tanaman ini sendiri termasuk mudah tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Baca Juga:  Kekurangan dan Kelebihan Penggunaan Kandang Kotak untuk DOD

Indigofera

Terakhir, ada indigofera yang merupakan pakan ternak bernutrisi tinggi. Pakan ini termasuk kategori leguminosa pohon. Kandungan serat kasarnya mencapai 15,25 persen dengan protein sebanyak 27,97 persen, serta kalsium sebanyak 0,22 persen.


loading...