6 Jenis Tanah yang Cocok untuk Ditumbuhi Cabai

Pertanianku — Tanah yang cocok akan membuat umur cabai menjadi lebih panjang dan tumbuh dengan baik. Tanah yang baik adalah tanah yang gembur, tingkat kemasaman tanah berkisar antara 5,5—6,8, kandungan unsur hara harus seimbang, dan harus kaya akan kandungan bahan organik. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan jenis tanah yang cocok agar tumbuhan cabai tumbuh dengan baik.

cabai
foto: unsplash

Tanaman cabai akan lebih baik jika ditanam pada daerah datar dengan derajat lereng kurang dari 3 persen, kandungan batuan yang berada di permukaan harus kurang dari 5 persen, kondisi tanah memiliki drainase yang baik, dan tekstur tanah yang lempung. Kedalaman yang efektif untuk tanaman cabai adalah lebih dari 50 cm.

Mediteran

Loading...

Mediteran adalah jenis tanah yang sudah memiliki kandungan liat yang cukup tinggi. Tanah jenis mediteran dapat dijumpai dari di dataran rendah hingga ketinggian 400 mdpl, dan daerah yang memiliki curah hujan antara 800—2.500 mm per tahun.

Tanah mediteran memiliki bahan induk berupa batu kapur, batuan sedimen, atau tuf vulkan basa. Keasaman tanah mediteran berkisar antara 6,0—7,5. Kandungan bahan organik pada tanah ini sekitar 3 persen dengan tingkat kejenuhan basa yang cukup tinggi.

Cabai yang ditanam di tanah ini harus diberi saluran drainase yang baik. Tanah ini umumnya memiliki tingkat nitrogen yang rendah. Oleh karena itu, pemberian pupuk nitrogen sangat dibutuhkan untuk mencukupi nutrisi tanah. Penambahan bahan organik juga harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi tanah agar menjadi subur.

Grumosol

Tanah jenis ini mempunyai kandungan fraksi liat halus yang lebih dari 30 persen. Kandungan karbon organik pada tanah ini cukup rendah hanya sekitar 1 persen. Keasaman tanah ini berkisar pada angka netral, yaitu pH 6,3—7,8. Kebanyakan jenis tanah ini dapat dijumpai di ketinggian 2.000 mdpl.

Baca Juga:  Keuntungan Polikultur, Menanam Banyak Sayuran di Satu Lahan

Tanaman cabai yang ditanam di tanah ini pada umumnya akan tumbuh baik apabila dikelola dengan baik. Hal ini karena kebutuhan hara tanaman cabai akan terpenuhi dari tanah grumosol.

Alluval

Tanah alluval berbahan dasar endapan debu atau liat. Biasanya tanah alluval cukup subur untuk lahan budidaya cabai. Tingkat keasaman tanah alluval terbilang agak masam mendekati netral dan kejenuhan basa yang cukup sedang hingga tinggi.

Loading...
Loading...