6 Jenis Varietas Melon Unggul

Pertanianku — Beragam varietas melon unggul banyak dibudidayakan di Indonesia. Beragam jenis buah melon sendiri banyak diburu karena rasanya yang manis, teksturnya yang segar dan berair, serta harganya yang kompetitif. Peluang budidaya melon pun terbuka lebar, termasuk bagi 6 jenis varietas melon unggul berikut.

varietas melon unggul
Foto: freepik

Sunrise meta

Ciri utama varietas ini adalah kulit buahnya yang berwarna putih tanpa tekstur jala. Bentuk buahnya agak lonjong. Sunrise meta dapat dipanen pada umur 60 hari setelah tanam. Bagian dalam daging buahnya berwarna oranye. Keunggulan sunrise meta adalah tekstur daging buahnya yang kenyal dan renyah serta rasanya yang manis.


Loading...

Orange meta

Sama seperti namanya, orange meta adalah varian melon unggul dengan kulit buah berwarna oranye. Varian ini bagian kulitnya tidak berjala. Ciri unggul orange meta adalah daging buahnya yang berwarna oranye muda. Teksturnya renyah dan rasanya manis. Bentuk buah orange meta  lonjong. Jika Anda tertarik melakukan budidaya melon ini, buah ini dapat dipanen pada umur 60 hari setelah tanam.

Sky rocket

Melon sky rocket bisa tumbuh hingga 3 kilogram per buahnya. Bentuk buah bulat dengan warna kulit hijau kekuningan dengan pola jala. Bagian dalam daging buahnya berwarna hijau muda. Melon sky rocket memiliki rasa manis dengan tekstur kenyal. Anda bisa memanen melon ini pada 65 hari setelah masa tanam.

Action 434

Melon varietas ini diproduksi oleh PT Tanindo Subur Prima. Secara visual, penampilan melon action 434 mirip dengan varietas sky rocket.

Mai 119

Varietas ini dikembangkan oleh CV Multi Global Agrindo (MGA), Karanganyar. Keunggulan melon mai 119 bisa mencapai bobot 3,5 kilogram per buahnya. Ciri melon mai 119 adalah bentuk buahnya yang bulat, kulit buah berwarna hijau dengan pola jala.

Baca Juga:  Bisa Dilakukan di Rumah: Bertanam Zukini dari Biji

Daging buah melon varietas ini berwarna oranye. Rasanya manis dan teksturnya kenyal sehingga cukup diminati konsumen. Umur panen melon mai 119 adalah 65 hari setelah masa tanam. Varietas ini adalah hasil pengembangan dari mai 116 yang berbobot lebih kecil.

Apollo

Terakhir, varietas melon unggulan yang tak kalah banyak dibudidayakan adalah melon apollo. Melon ini diproduksi oleh PT Known You Seed. Ciri utamanya adalah kulit buah yang berwarna kuning cerah tanpa jala.

Bagian dalam daging buah melon apollo berwarna putih. tekstur buah renyah dan rasanya manis. Bentuk buah secara keseluruhan adalah lonjong. Satu buah melon apollo dapat mencapai bobot 2 kilogram. Masa panen melon ini adalah 60 hari setelah masa tanam.

Untuk melengkapi kebutuhan Anda bertanam melon, sebaiknya Anda memiliki buku Melon Unggul yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Terdapat banyak petunjuk budidaya yang sangat membantu usaha budidaya melon yang Anda lakukan.

Loading...
Loading...