6 Makanan Ini Sumber Protein Terbaik


Pertanianku — Protein menjadi salah satu kandungan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi makanan sumber protein terbaik yang bisa dicari ketika berbelanja.

sumber protein terbaik
Foto: Pixabay

Apabila Anda mencari sumber protein tinggi yang cepat, mudah, dan serba guna, berikut ada enam contoh pangan, beserta cara sederhana untuk memasukkannya ke dalam makanan seimbang dilansir dari laman Health, Jumat (21/12).

  1. Lentil

Selain opsi kaleng dan beku, Anda dapat membeli lentil yang dikeringkan dan siap makan di bagian produk dari banyak pasar. Satu porsi (cangkir) menyediakan sekitar 18 gram protein, bersama dengan 16 gram serat untuk mengisi lebih dari 60 persen dari target harian Anda, dan sejumlah besar vitamin, mineral, dan anti-oksidan.

Untuk makan dalam hitungan menit, aduk segenggam penuh sayuran hijau dengan saus yang terbuat dari cuka balsamic, mustar, dan bumbu herbal Italia. Taburi dengan lentil, seperempat buah alpukat, dan beberapa sendok makan biji labu.

  1. Burger protein kacang

Sumber lainnya dapat didapatkan dari burger yang terbuat dari protein kacang, yang berasal dari kacang polong kuning. Selain protein kacang yang secara alami bebas gluten, dan bukan alergen umum, sangat mudah untuk menemukan burger kacang yang dibuat dengan bahan makanan utuh. Satu patty dapat menyediakan setidaknya 25 gram protein.

  1. Telur rebus

Setiap telur menyediakan sekitar enam gram protein. Penelitian baru menunjukkan bahwa kolesterol dalam telur, yang seluruhnya ditemukan dalam kuning telur, memiliki sedikit dampak negatif terhadap kolesterol darah.

Bahkan, satu studi menemukan bahwa pada orang dewasa yang sehat, hingga tiga sel telur per hari meningkatkan kadar kolesterol HDL ‘baik’, dan menurunkan LDL ‘buruk’. Kuning telur juga mengandung banyak nutrisi telur, mengemas setidaknya 90 persen atau semua kolin, vitamin D, kalsium, zat besi, seng, vitamin B12, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

  1. Bubuk protein tanaman
Baca Juga:  5 Tanaman Pencegah Kanker Serviks dan Payudara

Berikut ini makanan olahan lainnya yang dapat dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang bersih dan digunakan dalam berbagai cara. Satu sendok bubuk protein tanaman dapat menyediakan setidaknya 20 gram protein, dengan sedikit karbohidrat dan lemak.

  1. Kacang polong

Untuk makanan cepat saji, sajikan kacang dengan brokoli beku yang dikukus. Atau, memadukannya dengan salad segar yang dihias dengan vineigrette balsamic berbasis EVOO.

  1. Yoghurt Yunani

Yoghurt Yunani yang berbahan dasar susu dapat menjadi sumber protein siap saji yang baik. Tergantung pada merek, satu wadah menyediakan 11—14 gram protein, hal yang hebat tentang yoghurt Yunani sederhana adalah Anda dapat menikmatinya manis atau gurih.

Untuk versi manis, tambahkan buah segar, kacang atau biji, sirup maple, sedikit kayu manis, dan taburan jahe segar. Untuk pilihan yang gurih, tambahkan bawang putih, garam laut, dan lada hitam, lalu aduk dengan sayuran seperti irisan ketimun, tomat, dan sedikit bawang merah.