6 Pepaya Populer yang Digemari Konsumen

Pertanianku — Ada beberapa jenis pepaya populer yang digemari konsumen karena rasa, tekstur, dan bentuknya. Rasa pepaya yang disukai adalah pepaya manis dengan tekstur yang tidak terlalu lembek. Selain itu, konsumen juga menyenangi bentuk pepaya yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis pepaya yang digemari konsumen.

jenis pepaya populer
Foto: pixabay

Pepaya bangkok

Sejak pertama kali dibudidayakan pada 1970, pepaya bangkok kini sudah menjamur di Indonesia. Pertumbuhan pepaya bangkok yang cepat banyak disukai oleh petani karena menguntungkan. Pohon pepaya bangkok hanya membutuhkan satu tahun untuk berbuah.

Loading...

Dari segi konsumen, buah ini disukai karena rasanya yang manis dan bentuk buahnya yang besar. Warna daging pepaya bangkok yang jingga kemerahan juga terlihat menggoda. Selain itu, pepaya bangkok juga dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kosmetik.

Pepaya calina

Pepaya jenis ini juga dikenal sebagai pepaya ‘california’. Alih-alih dari negara bagian di Amerika Serikat, pepaya ini justru asli dari Indonesia. Tanaman pepaya calina sangat mudah tumbuh selama media tanam yang digunakan cocok bagi pertumbuhan pepaya.

Konsumen menyukai pepaya calina karena warna daging buahnya yang menarik, yakni merah cerah. Rasa pepaya calina juga manis. Di suhu ruang, pepaya calina bisa awet hingga lima hari tanpa bahan pengawet. Waktu ini termasuk lama ketimbang jenis pepaya lain.

Pepaya carisya

Jenis pepaya ini juga termasuk yang paling diburu konsumen. Pepaya carisya dimuliakan dan dibudidayakan di Indonesia. Tepatnya, buah ini dikembangkan oleh Tim Pemulia Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika IPB.

Pepaca carisya juga digemari petani karena bisa tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Dalam setahun, pohon ini bisa berbuah sebanyak tiga kali. Bentuk buahnya mini dan warnanya kehijauan. Bagian dalam buah pepaya berwarna merah dengan rongga biji yang kecil. Teksturnya tebal dan rasanya sangat manis.

Baca Juga:  Manfaat Biji Kurma yang Selalu Terbuang

Pepaya cibinong

Pepaya asli Cibinong, Bogor, Jawa Barat ini memiliki bentuk buah yang lonjong memanjang dan bagian ujungnya lancip. Jika sudah matang, kulit buah akan berwarna hijau namun bagian ujungnya berwarna kekuningan.

Bagian dalam daging buah berwarna merah kekuningan. Rasa buah pepaya cibinong juga manis. Buah ini digemari karena tahan lama. Jika Anda tertarik membudidayakan buah pepaya cibinong, sebaiknya Anda melakukannya pada ketinggian 1.000—2.000 mpdl.

Loading...
Loading...