6 Tanaman yang Sering Digunakan untuk Membersihkan Gigi

Pertanianku — Menurut berbagai sumber, sikat gigi baru ditemukan pada pertengahan abad ke-19. Sebelum ada sikat gigi, masyarakat menggunakan tumbuhan untuk membersihkan gigi. Pasalnya, gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan secara rutin agar tidak rusak dan tetap berfungsi dengan baik. Gigi yang tidak dirawat dapat berlubang dan mengalami berbagai kerusakan lain yang akan membuat tidak nyaman.

membersihkan gigi
foto: pertanianku

Berikut ini beberapa tanaman yang kerap digunakan untuk membersihkan gigi.

Siwak

Siwak merupakan sikat gigi yang terbuat dari ranting pohon arok (Persic savadora). Ujung dari ranting ini dipotong dan dikupas menyerupai serabut. Cara menggunakannya dengan menggosokkan ujung yang sudah dipotong pada gigi, lalu berkumur dengan air bersih. Saat ini sudah jarang yang menggunakan siwak, tetapi masih ada produsen siwak jika Anda tertarik ingin mencobanya. Anda bisa langsung mencarinya di e-commerce.

Daun sirih

Orang yang masih tinggal di pedesaan sering menggunakan daun sirih untuk merawat kesehatan gigi. Biasanya, mereka mengunyah daun sirih yang ditambahkan dengan kapur, pinang, dan juga tembakau. Kebiasaan ini masih sering dilakukan oleh orang-orang di pedalaman dan pedesaan, sering disebut dengan istilah nyirih.

Cengkih

Cengkih bermanfaat untuk mengharumkan napas. Pada zaman dahulu, setelah makan, orang-orang biasanya sering mengunyah cengkih dengan tujuan menghilangkan aroma sisa makanan dan membersihkan sisa-sisa makanan yang masih tertahan di dalam rongga mulut.

Biji buah pinang

Di masa lampau, biji buah pinang kerap digunakan untuk nyirih. Namun, biji buah pinang juga bisa digunakan sebagai pasta gigi. Mereka biasanya membakar biji buah pinang sampai halus seperti abu, lalu menggosokkannya ke gigi.

Daun jambu klutuk

Orang zaman dulu menggunakan daun jambu klutuk (jambu biji) untuk membersihkan gigi dengan mengunyahnya. Biasanya, daun yang digunakan merupakan daun jambu klutuk muda. Bukan hanya dikunyah, melainkan terkadang juga ditelan untuk menyegarkan napas.

Baca Juga:  Manfaat Umbi Gadung sebagai Obat Herbal

Daun salam

Tak hanya berguna sebagai bumbu masakan dan obat herbal, daun salam juga bermanfaat untuk membersihkan gigi. Daun salam ini digunakan dengan cara menggosokkannya ke gigi, lalu berkumur dengan air hangat sampai sisa daun salam di gigi hilang.