7 Burung Terkecil di Dunia Ini Menggemaskan

Pertanianku — Aneka jenis burung memiliki ukuran dari kecil hingga besarnya melebihi ukuran dari manusia dewasa. Namun, pernahkah Anda membayangkan burung terkecil dengan wujud yang menggemaskan? Nah, berikut beberapa jenis burung dengan ukuran terkecil di dunia, yang mungil dan sangat menggemaskan.

1. Bee Hummingbird

Bee Hummingbird dinobatkan sebagai burung dengan ukuran paling kecil di dunia, yang mana hanya memiliki panjang berukuran panjang 6 cm dan berat sekitar 1—2 gram. Burung kecil ini memiliki perpaduan warna biru, hitam dan putih yang sangat cantik. Burung ini merupakan satwa endemik dari Kuba dan Pulau Pinus yang berada di Kepulauan Karibia, dan dapat ditemui di seluruh Kepulauan Karibia.

2. Costa’s Hummingbird

Costa’s Hummingbird menjadi salah satu burung terkecil yang memiliki ukuran panjang hanya berkisar antara 7—9 cm, dengan berat berkisar antara 3—4 gram. Burung ini memiliki habitat asli di antara Wilayah Selatan Amerika Serikat dan Utara Meksiko bagian Baja California. Selain itu, burung yang memiliki warna cantik, percampuran antara ungu, hijau, putih dan hitam ini akan bermigrasi ketika musim panas dan musim dingin serta musim kawin.

3. Goldcrest

Burung Goldcrest adalah burung asli endemik dari dataran Eropa, yang memiliki ukuran kecil. Burung ini memiliki ukuran mini dengan panjang 8,5—9,5 cm, dengan berat 4,5 hingga 7 gram. Habitat asli dari burung ini berada di Eropa Utara dan bermigrasi ke Selatan saat musim panas, sedangkan saat musim panas berpindah ke Utara. Burung ini memakan berbagai serangga dan arthropoda kecil.

4. Weebill

Weebill merupakan burung terkecil di Australia, yang memiliki ukuran panjang 8—9 cm. Burung ini dapat ditemukan di seluruh wilayah hutan di Australia, baik di selatan maupun di utara. Burung berwarna hijau pucat dan cokelat ini memiliki sifat untuk bermigrasi pada musim-musim tertentu, dan memakan berbagai macam serangga kecil.

Baca Juga:  Racun Laba-laba Mematikan Penyelamat Nyawa Penderita Stroke

5. Pardalote

Pardalote merupakan burung asli endemik dari Australia yang termasuk dalam burung terkecil. Ukuran dari burung ini hanya sepanjang 8,5 hingga 12 cm dan memiliki berat 5 gram. Burung ini memiliki warna yang cerah dan terdapat corak bintik di beberapa bagian tubuhnya. Selain itu, burung ini tergolong insektivora atau pemakan serangga, walaupun terkadang juga memakan biji-bijian.

6. Brown Gerygone

Selanjutnya juga terdapat burung asal Australia, yang dijuluki dengan Brown Gerygone yang memiliki habitat asli di Pantai Timur Australia. Burung ini memiliki ukuran panjang 10 cm dan berat yang hanya 5,5 gram. Selain itu, burung yang memiliki warna percampuran antara hijau dan biru, serta buntut hitam ini merupakan burung pemangsa serangga atau insektivora.

7. Cuban Tody

Selanjutnya, terdapat Cuban Tody yang merupakan burung asli dari Kuba, yang memiliki ukuran panjang 11 cm dengan berat 5—6 gram. Burung yang termasuk dalam keluarga Todididae ini memiliki perpaduan warna yang sangat cantik dan perpaduan antara hijau terang, biru, merah dan putih. Makanan utama dari Cuban Tody adalah serangga, tapi ia juga dapat memakan buah-buahan, laba-laba dan kadal kecil.

Loading...