7 Jenis Burung Berdasarkan Jenis Pakannya

Pertanianku — Jenis burung berdasarkan pakannya dibedakan menjadi 7 jenis. Pakan burung bisa berasal dari biji-bijian, serangga, buah-buahan, dan madu. Berikut ini 7 jenis burung berdasarkan makanan.

jenis burung
foto: pixabay

Insektivora

Insektivora merupakan jenis burung pemangsa serangga. Serangga yang biasanya menjadi pakan favorit untuk burung adalah jangkrik, belalang, kroto, rayap, ulat hongkong, ulat bambu, dan kupu-kupu. Burung yang termasuk ke dalam insektivora adalah pentet (Lanius schach), engkiyong flores (Phucephala nudigula), dan sulingan banyumas (Cyornis banyumas).

Loading...

Seedivora

Seedivora merupakan burung yang mengonsumsi pakan berupa biji-biian. Biji-bijian yang biasanya dikonsumsi sebagai pakan burung adalah biji bunga matahari, milet, jewawut, jagung, gabah, kenari, gandum, beras merah, serta jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, dan kedelai.

Burung yang termasuk jenis seedivora adalah gelatik jawa (Padda oryzivora), emprit (Lonchura leucogastroides), perkutut (Geopelia striata), dan tekukur (Streptopelia chinensis).

Frugivora

Frugivora merupakan burung yang memakan buah-buahan. Buah yang biasanya digunakan sebagai pakan burung adalah pisang, apel, kelapa, buni, jambu biji, dan jambu air. Burung biasanya memakan buah yang tumbuh di hutan, burung tersebut adalah cucak hijau (Chloropsis sonneratii) dan kelompok Megalaima (butlok).

Nectarivora

Nectarivora merupakan jenis burung-burung yang memakan nektar/madu bunga. Burung ini biasanya berasal dari suku Nectariniidae (Nectarinia jugularis), burung jantung kelapa (Anthreptes malacensis), dan burung jantung pisah (Arachnothera longirostra).

Fishivora

Fishivora merupakan jenis burung pemakan ikan. Burung yang biasanya memangsa ikan adalah burung cekakak (Halcyon chloris), pecuk ular (Anhinga melanogaster), dan kowak maling (Nytocorax nyticorax).

Carnivora

Carnivora atau karnivora merupakan burung yang memakan daging. Burung cRNIVOR biasanya merupakan kelompok pemangsa seperti elang dan burung hantu.

Baca Juga:  Usir Hama Tanaman Sayur Organik dengan Burung Kutilang dan Puyuh

Omnivora

Omnivora merupakan kelompok burung pemakan segalanya, apa pun jenis pakan bisa dimakan oleh burung tersebut. Burung yang masuk kelompok omnivora adalah kenari dan kutilang (Pycnonotus aurigaster). Kenari dan kutilang bisa memakan buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Namun, jangan heran burung ini juga sewaktu-waktu memakan serangga.

 

Loading...
Loading...