7 Jenis Lengkeng Unggulan yang Wajib Anda Tahu

Pertanianku — Lengkeng yang beredar di pasaran Indonesia banyak jenisnya. Mulai dari yang jenis unggulan hingga jenis biasa. Kini sudah banyak lengkeng unggulan yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah lengkeng merah atau ruby yang memiliki warna merah solid. Selain ruby, ada 7 jenis lengkeng unggulan lainnya yang dapat Anda temukan di pasaran. Simak ulasannya berikut.

jenis lengkeng unggulan
foto: pixabay

Itoh

Buah lengkeng itoh memiliki kulit yang agak keras, daging yang tebal dan manis, dan biji kecil. Kadar gula buah ini sebesar 25 briks. Lengkeng itoh sudah banyak ditanam di Indonesia karena pohon buah ini sangat mudah untuk berbuah jika dipelihara secara intensif. Tajuk lengkeng itoh rimbun dan cocok untuk ditanam di dataran rendah. Buah lengkeng itoh baru dapat dipanen pada saat usia 2—2,5 tahun dipelihara.

Loading...

Pingpong

Lengkeng pingpong berasa dari Vietnam dan memiliki bentuk buah seperti bola pingpong. Buah ini memiliki berat 16 gram per buah. Pohon buah lengkeng pingpong terbilang sangat mudah berbuah dan adaptif terhadap kondisi tanah. Lengkeng pingpong memiliki cita rasa buah yang manis, berair atau juicy, dan beraroma khas. Pohon ini akan menghasilkan buah yang maksimal jika ditanam pada dataran rendah.

Diamond river

Lengkeng diamond river berasal dari Thailand dan sudah banyak ditanam di berbagai wilayah seperti Malang, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, dan lain-lain. Pohon lengkeng ini terbilang mudah berbuah dan adaptif dengan kondisi tanah. Cita rasa buah ini manis, beraroma khas serta berair. Berat buah ini sekitar 7—8 gram per buah. Buah ini juga tidak memerlukan perawatan khusus untuk membudidayakannya.

Matalda

Lengkeng matalda memiliki warna kulit buah yang lebih putih dibandingkan dengan buah lengkeng lainnya. Ukuran buah terbilang cukup besar dengan biji kecil dan daging buah yang tebal, transparan, serta kering. Lengkeng matalda sudah banyak beredar dipasaran karena sudah banyak petani yang menanamnya. Pohonnya pun mudah untuk berbuah.

Baca Juga:  Cara Membuat Kompos Sampah Rumah Tangga

Hawae

Lengkeng hawae memiliki tampilan fisik yang berbeda dari lengkeng lainnya, warna kulitnya yang putih sekilas tampak mirip dengan matalda. Rasa dari daging buah lengkeng hawae adalah manis dan beraroma harum. Keunggulan lainnya dari hawae memiliki biji buah yang kecil dan tahan terhadap penyakit.

New kristal

New kristal memiliki daging buah yang tebal dengan cita rasa mans dan memiliki biji yang kecil. Produksi pohon lengkeng new kristal juga terbilang tinggi. Pohon ini sudah dibudidayakan di beberapa daerah seperti Jawa Tengah.

King long

Lengkeng king long merupakan buah yang berukuran besar. Tidak hanya besar, daging buah lengkeng king long juga tebal dan manis.

 

Loading...
Loading...