7 Jenis Mangga yang Paling Enak di Indonesia

Pertanianku — Di Indonesia, ada berbagai jenis mangga. Jenis mangga ini telah dibudidayakan dan menjadi mangga lokal yang selalu menjadi kesukaan banyak orang. Jenis-jenis mangga ini juga memiliki cita rasa yang manis dan kaya serat. Penasaran apa saja jenis mangga paling enak di Indonesia?

jenis mangga paling enak
Foto: Google Image

Mangga Manalagi

Mangga manalagi memiliki rasa yang sangat manis ketika matang. Dinamakan manalagi karena penyantapnya akan ketagihan merasakan mangga satu ini berkat rasanya yag sangat manis. Daging buah mangga manalagi berwarna kuning muda serta cukup padat, tebal, dan kaya serat.

Loading...

Bentuknya cenderung bulat dan lebih kecil daripada mangga lainnya. Saat masih mengkal, rasanya sudah tergolong manis dan harum. Warna kulitnya hijau saat masih muda dan hijau gelap saat matang. Yang menjadi ciri khusus dari mangga ini adalah bintik putih pada kulitnya.

Mangga Golek

Mangga golek memiliki ciri khas, yakni ukurannya yang lonjong memanjang. Nama golek sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti mencari. Artinya, dengan kelezatan yang dimiliki jenis mangga satu ini, orang akan terus mencari mangga ini. Saat matang, daging buah ini tebal lunak dan berwarna jingga. Mangga golek juga memiliki kadar air yang cukup tinggi saat kelewat matang. Untuk rasanya sudah pasti sangat manis.

Mangga harumanis

Mangga harumanis atau arumanis merupakan mangga yang banyak ditemui di Probolinggo, Jawa Timur. Sesuai namanya, mangga ini manis dan berbau harum. Mangga ini berbentuk lonjong dengan ujungnya yang meruncing. Tekstur dari daging buahnya lembut dan empuk. Saat masih muda mangga ini berasa masam, tetapi saat matang rasa manis dan aromanya yang harum mampu menggugah selera.

Mangga Madu

Bentuk dari mangga madu sepintas mirip dengan mangga arumanis. Yang membedakan adalah warna kulitnya yang kuning cerah saat matang. Rasanya yang manis membuatnya disetarakan dengan rasa madu.

Baca Juga:  Manfaat Segelas Jus Sirsak

Mangga Alpukat

Jenis mangga satu ini memang tergolong verietas baru. Namun, popularitasnya sudah tak diragukan lagi. Hal yang istimewa dari mangga satu ini adalah cara mengonsumsinya yang berbeda dari mangga biasanya. Dinamai mangga alpukat karena bentuk dan cara memakannya seperti alpukat. Mangga dibelah bagian tengahnya mirip seperti alpukat dan disendok daging buahnya seperti memakan buah alpukat.

Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu terkenal dengan daging dan kulitnya yang berwarna kuning kemerahan. Ukuran mangga ini cenderung lebih kecil dan bulat dari mangga lainnya. Mangga ini banyak dikembangkan di daerah Cirebon, Indramayu, dan Majalengka.

Dinamai gedong karena konon mangga ini kerap dikonsumsi para bangsawan Belanda yang memiliki rumah gedongan. Daging buah ini berwarna jingga, padat, manis dan kaya akan serat saat sudah sangat matang. Kulitnya merupakan campuran antara warna hijau, kuning, dan kemerahan.

Mangga Indramayu

Mangga ini sudah amat terkenal di Indonesia dan termasuk dalam jajaran jenis mangga paling enak yang dimiliki Indonesia. Ukurannya cukup besar dengan daging buah yang tebal dan kaya serat serta aromanya yang khas.

Tak seperti mangga lainnya yang berair, tekstur mangga ini cenderung tak begitu berair dan tebal. Rasanya sudah pasti manis dan begitu khas. Buah ini biasa hadir pada musim kemarau, cocok untuk memberi kesegaran di kala terik matahari yang menyengat.

Loading...
Loading...