7 Jenis Tanaman Hias Beracun dan Berbahaya


Pertanianku — Terkadang kita tidak pernah berpikir kalau ternyata ada beberapa jenis tanaman hias beracun yang dapat membahayakan kita dan keluarga. Oleh karena itu, kita perlu tahu dan sesegera mungkin menghindarinya demi keselematan.

tanaman hias beracun
Foto: Pixabay

Sebisa mungkin kita hindari dan tak mendekati tanaman tersebut. Kira-kira, apa saja tanaman yang punya efek meracuni tubuh kita? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Daun bahagia

Tanaman hias bernama Latin Dieffenbachia ini menyimpan racun yang berbahaya. Racun ini tersimpan dalam getahnya. Jika tangan kita menyentuhnya, efek gatal-gatal dan kejang bisa terasa. Kejang pada bibir dan lidah, tepatnya, dapat mengakibatkan kesulitan bernapas sampai kematian.

  1. Bunga jepun

Bunga jeun biasa digunakan untuk mengisi kekosongan desain lansekap, yang biasa dikerjakan di taman-taman kota besar di Indonesia. Bunga ini berwarna merah muda cerah, sangat tidak tampak kalau ternyata bunga ini beracun bagi tubuh kita. Jika sudah terlanjur menyentuhnya, bisa-bisa muntah dan diare. Kalau sudah parah, bukan tidak mungkin tubuh mengalami gangguan saraf dan serangan jantung.

  1. Bunga azalea

Di balik pesona bunganya yang indah, azalea ternyata berbahaya pula. Namun, efek yang dihasilkan ketika salah satu anggota badan kita menyentuhnya tak terlalu berat seperti tanaman hias beracun lainnya.

Kalau dilihat dari segi biologis, seluruh bagian bunga azalea mengandung zat beracun yang berbahaya. Zat tersebut adalah andromedotoxins atau grayanotoxins, digolongkan sebagai zat beracun yang bisa membahayakan tubuh kita.

  1. Lidah buaya

Banyak ilmuwan memanfaatkan khasiat lidah buaya sebagai tanaman obat. Tetapi, lagi-lagi Anda wajib waspada. Tanaman hias sekaligus tanaman obat lidah buaya, memiliki racun di kulit terluarnya. Walaupun, efek yang ditimbulkan hanyalah iritasi kulit. Rekomendasinya, sebelum mengolahnya, bersihkan dulu lapisan warna kuning pada lidah buaya.

  1. Penawar jambe
Baca Juga:  Tumbuhan Penghasil Uang Ini Wajib Anda Tanam

Banyak sekali orang yang memanfaatkan tanaman hias untuk keperluan obat. Salah satunya penawar jambe yang diyakini mampu menyembuhkan sakit gigi, pinggang, hingga menstruasi. Tapi, apakah benar demikian?

Ternyata seluruh bagian tubuh penawar jambe memiliki kandungan racun. Kalau kita memakannya, tanpa disterilkan terlebih dulu, efek yang ditimbulkan adalah muntah-muntah dan diare. Kalau sudah parah, bisa menyebabkan gagal ginjal.

  1. Daun ivi

Tanaman yang memiliki bentuk dan corak warna indah ini, ternyata juga menyimpan bahaya. Beberapa riset menyebutkan kalau tanaman ini ternyata memiliki efek samping iritasi kulit, rasa terbakar di tenggorokan (kalau buahnya dimakan), dan demam. Tanaman dengan nama lain chang cung teng ini bahkan menyimpan bahaya serius, kalau dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

  1. Selandang putih

Tanaman yang sangat nyaman di ruangan minim cahaya ini berbahaya jika Anda memakan daunnya.