7 Kaktus Hias Tahan Banting Ini Cocok untuk Pemula

Pertanianku — Apakah Anda seorang pemula yang sangat berminat memiliki tanaman hias di rumah, namun masih bingung soal perawatannya? Kaktus hias mungkin bisa jadi salah satu pilihan paling tepat untuk Anda. Ada banyak sekali variasi jenis kaktus hias yang bisa Anda pilih. Berikut ini rekomendasi jenis kaktus hias dengan daya tahan ekstra dan perawatan praktis yang cocok untuk Anda, sang pemula.

Kaktus hias
Foto: Pixabay

1. Kaktus hias parodia

Kaktus parodia atau Ball Cactus termasuk kaktus berbunga warna kuning. Meskipun tampilannya cantik, ternyata perawatan kaktus ini cukup mudah. Anda cukup meletakkannya di tempat yang sejuk dan sirami tanaman kaktus beberapa hari sekali untuk pastikan media tanam tidak terlalu lembap.

Loading...

2. Haworthia cactus zebra

Karena hanya mampu hidup dengan cahaya yang minim, kaktus hias selanjutnya ini lebih cocok untuk diletakkan di dalam ruangan. Kaktus hias haworthia cactus zebra termasuk kaktus hias yang tidak rewel, asalkan tidak terpapar cahaya berlebihan dan corak belang yang dimilikinya membuatnya mampu mempercantik ruangan.

3. Kaktus hias beaver tail

Jenis kaktus hias satu ini termasuk kaktus klasik yang cukup populer. Memiliki variasi ukuran mulai dari yang kecil hingga besar, kaktus hias beaver tail memiliki bentuk oval pipih dan memiliki bunga dengan banyak variasi warna. Hal yang terpenting, yaitu jenis kaktus satu ini memudahkan Anda saat merawat tanaman.

4. Kaktus hias chepalocereus senilis

Punya nama populer kaktus uban, varian kaktus hias satu ini memiliki ciri khas duri yang sangat halus dan panjang berwarna keputihan sehingga menyerupai rambut uban manusia. Meskipun sangat praktis dalam hal perawatan, si kaktus uban ini sangat menyukai matahari sehingga pastikan Anda menanam tanaman hias ini di tempat yang memiliki cahaya matahari cukup dan suhu yang hangat.

Baca Juga:  Cara Membuat Taman di Dalam Rumah dengan Lahan Terbatas

5. Kaktus hias pincushion

Jenis kaktus hias selanjutnya juga memiliki duri yang halus, namun tidak panjang seperti kaktus uban sebelumnya. Yang membuat jenis kaktus pincushion unik dan menarik adalah bentuknya yang bulat serta berukuran kecil ini tumbuh secara berkoloni sehingga menciptakan bentuk yang eksotik.

6. Kaktus hias fairy castle atau cereus tetragonus

Jika Anda mencari kaktus hias untuk mengisi halaman, jenis kaktus fairy castle atau cereus tetragonus ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Mampu tumbuh tinggi ke atas dan bercabang, jenis kaktus satu ini bisa juga ditanam secara berderet untuk membentuk pagar tanaman, atau ditanam di dalam pot untuk menghiasi salah satu sudut pekarangan.

7. Kaktus hias gymnocalycium

Pilihan kaktus hias selanjutnya adalah kaktus mini gymnocalycium yang memiliki bentuk bulat dan duri-duri yang panjang serta bunga cantik dengan banyak pilihan warna. Kerap ditanam di atas pot cantik, jenis kaktus ini cocok untuk menghiasi meja tamu di rumah Anda. Selain mudah dipelihara, tanaman kaktus hias memiliki tampilan unik serta menarik yang tak kalah dari berbagai jenis tanaman hias lainnya.

Loading...
Loading...