7 Kreasi Olahan Jagung dari Berbagai Dunia yang Sudah Terkenal


Pertanianku — Selain kentang, salah satu jenis makanan yang bisa Anda konsumsi ketika sedang bosan menyantap nasi sebagai makanan pokok ialah jagung. Sebab, jagung merupakan sumber penghasil karbohidrat terbesar selain gandum dan padi. Terdapat beberapa kreasi olahan jagung dari berbagai dunia yang bisa Anda coba.

kreasi olahan jagung
Foto: Shutterstock

Jagung sebagai panganan pokok di beberapa daerah di dunia membuatnya memiliki banyak kreasi dan jenis. Seperti 7 kreasi olahan jagung dari berbagai dunia berikut ini melansir pergikuliner.com, Kamis (10/5).

  1. Tortila (Meksiko)

Makanan yang berasal dari Meksiko ini terbuat dari jagung. Sebenarnya roti tipis ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu terbuat dari gandum dan jagung. Namun di daerah aslinya, tortila dibuat dari jagung dan yang terbuat dari gandum merupakan tortila dari Spanyol. Salah satu masakan Meksiko yang menggunakan tortila adalah burito.

  1. Popcorn (Amerika)

Siapa sih yang tidak tahu kudapan yang identik dengan bioskop ini? Popcorn berasal dari Amerika dan sudah ada sejak 1930-an. Sesuai dengan namanya, popcorn terbuat dari jagung khusus yang dipanaskan hingga merekah. Biasanya popcorn ditambahkan dengan mentega dan keju untuk menghasilkan rasa gurih. Sementara, untuk mendapatkan rasa manis, orang mencampurkan gula di dalamnya.

  1. Cachapas (Venezuela)

Olahan jagung yang berasal dari Venezuela ini tampilannya sekilas akan mengingatkan Anda dengan pancake. Cachapas sendiri terbuat dari jagung yang sudah dihaluskan menjadi satu dengan tepung masa harina. Kemudian, diberi garam dan lada, setelah itu adonan yang sudah dihaluskan tadi di-pan fry dengan minyak sayur. Setelah setengah matang, letakkan keju mozarella di atasnya dan lipat menjadi dua.

  1. Salad jagung (Thailand)

Salad jagung dari Thailand ini menggunakan saus sriraca dalam pembuatannya. Saus sriraca sendiri merupakan saus yang terbuat dari cabai jalapeno, bawang putih, dan garam. Salad jagung terbuat dari jagung pipil rebus yang kemudian dicampur bersama saus sriraca. Rasanya yang segar akan memanjakan lidah siapa pun yang mencicipinya.

  1. Makai paka (Afrika)
Baca Juga:  Cara Paling Tepat Mengeringkan Biji Lada

Olahan jagung ini mungkin masih terasa asing bagi orang Indonesia. Namun ternyata, makai paka merupakan salah satu olahan jagung yang paling terkenal di Afrika, khususnya di Afrika Timur. Makai paka terbuat dari jagung utuh yang dipotong-potong lalu dimasak bersama santan kelapa yang sudah diberi bumbu kunyit, cabai hijau, dan daun ketumbar. Rasanya cukup pedas dan mirip seperti kare.

  1. Polenta (Italia)

Selain pizza dan pasta, makanan khas Italia yang tidak kalah lezat adalah polenta. Kuliner yang berbahan dasar jagung ini terbuat dari jagung yang sebelumnya sudah dikeringkan terlebih dahulu, lalu ditumbuk sampai halus hingga menjadi tepung dan baru dijadikan bubur.

  1. Bakwan jagung (Indonesia)

Indonesia juga memiliki makanan yang terbuat dari olahan jagung, yaitu bakwan jagung. Tentunya makanan satu ini sudah sering Anda santap bukan? Bakwan jagung sendiri terbuat dari jagung sisir atau pipil yang ditambahkan tepung terigu dan tepung beras lalu dibumbui bawang merah, lada, ketumbar dan garam. Selain jagung, biasanya ada juga yang menambahkan wortel dan daun bawang di dalamnya.