7 Langkah Praktis untuk Mulai Gaya Hidup Organik


Pertanianku — Penelitian membuktikan bahwa mengadopsi gaya hidup organik memberikan banyak keuntungan. Akan tetapi, menerapkan gaya hidup ini di tengah kebiasaan serba instan membuatnya menjadi pilihan yang sulit dan mahal.

gaya hidup organik
Foto: Pixabay

Karena itu, untuk memulai membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat, cobalah mencatat perubahan pada hal-hal yang kecil seperti perbedaan yang dirasakan pada kesehatan dan mood. Hal ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri dan menumbuhkan motivasi untuk melanjutkan gaya hidup organik. Berikut ini 7 langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan diri.

  1. Mulailah dari kebutuhan pokok

Mengonsumsi makanan yang kita siapkan dari kebun kita sendiri dapat menjadi motivator sekaligus memberikan pandangan yang berbeda terhadap apa yang kita konsumsi. Jika belum siap menanam sendiri buah dan sayur, mulailah dengan memilih makanan yang alami saat membeli kebutuhan pangan.

Perbanyak sayur dan buah segar, memilih daging dan telur yang dihasilkan dari sapi dan ayam yang sehat (lebih baik memilih yang organik), atau menggunakan minyak kelapa murni yang bebas dari proses kimia. Cobalah untuk menyiapkan makanan organik setidaknya satu kali dalam seminggu.

  1. Pilihlah makanan produksi lokal

Dengan membeli produk lokal, Anda telah membantu perekonomian dalam negeri, baik lokal, daerah maupun nasional. Selain itu, Anda juga turut membantu mengurangi efek gas rumah kaca dengan memotong bermil-mil jejak karbon yang ditimbulkan akibat mengimpor makanan.

  1. Kunjungi pasar tradisional

Cobalah berbelanja di pasar tradisional. Dengan berbelanja di pasar tradisional, Anda dapat bertanya mengenai proses produksi, apa saja yang sedang musim, dan bagaimana cara mengolah bahan makanan tersebut. Pasalnya, membeli makanan di supermarket besar tidak menjamin kesegaran dari buah dan sayur yang dijual.

  1. Bacalah label produk
Baca Juga:  Jenis Tanaman Obat Vertigo yang Cocok di Halaman Anda

Sempatkan untuk membaca label nutrisi yang dicantumkan pada produk pangan dan cermati. Banyak orang yang tidak peduli akan hal ini sehingga tidak mengetahui bahwa produk yang mereka beli telah diproses berlebihan. Misalnya saja menggunakan terlalu banyak gula sehingga dapat menimbulkan diabetes, kecanduan, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya.

  1. Berbelanjalah di bagian “pinggir”

Ketika berbelanja kebutuhan pangan di supermarket, carilah di bagian pinggir toko. Umumnya, supermarket menata buah, sayur, daging dan ikan di bagian pinggir, dan berbagai produk soda, permen dan junk food lainnya di bagian tengah.

  1. Cobalah berkebun

Tidak membutuhkan lahan yang besar untuk dapat menanam buah dan sayuran di rumah sendiri. Berkebun dapat dilakukan dengan menggunakan pot dan menaruhnya di sekitar rumah. Cobalah untuk menanam cabai, tomat, atau bahan yang sering digunakan saat memasak.

Ingatlah untuk menyiram tanaman tersebut secara teratur agar hasilnya memuaskan. Jika Anda tidak bisa memasak, cobalah menumbuhkan tanaman herbal atau jamu. Menghirup aroma atau meminum jamu dapat membantu menyegarkan tubuh Anda.

  1. Jangan kaku

Jangan terlalu kaku dalam mengadopsi gaya hidup organik. Seperti telah disebutkan sebelumya, langkah kecil dapat membangun kesadaran, keingintahuan, dan kebahagiaan pada hal yang paling mendasar, yaitu makanan yang kita konsumsi setiap hari.