7 Manfaat Anggur Hitam untuk Kesehatan

Pertanianku — Ada beberapa jenis anggur yang tersebar di seluruh dunia. Salah satunya adalah anggur hitam. Manfaat anggur hitam sangat terkenal karena nutrisi yang ada di dalamnya. Semakin gelap warna anggur, semakin tinggi kadar anti-oksidan yang terkandung di dalamnya. Hal ini membuat anggur hitam disebut-sebut sebagai yang paling sehat di antara varietas lainnya.

Manfaat anggur hitam
Foto: Pixabay

Menambahkan anggur hitam ke dalam sajian diet sehat adalah cara sederhana untuk menambah nutrisi tubuh. Untuk itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk memetik manfaat kesehatan dari si bulat kecil hitam ini. Berikut manfaat anggur hitam.

  1. Perawatan kulit

Tingginya tingkat resveratrol dan anti-oksidan lainnya membuat anggur hitam dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Anti-oksidan diketahui dapat membantu memperlambat proses penuaan, menghalang paparan radikal bebas yang menimbulkan keriput, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Loading...
  1. Menyehatkan rambut

Sejumlah studi menemukan, konsumsi anggur hitam dan buah-buah lain yang kaya anti-oksidan dapat membantu memperkuat akar rambut. Konsumsi anggur juga dapat membuat rambut semakin berkilau hingga menghilangkan peradangan pada kulit kepala yang dapat merusak folikel rambut.

  1. Mengatasi diabetes

Resveratrol dalam anggur hitam dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap atau orang-orang yang berisiko diabetes.

  1. Menyehatkan jantung

Polifenol dalam anggur hitam ampuh melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Senyawa satu ini diketahui dapat membantu mengobati hipertensi dan peradangan.  Anggur hitam juga mengandung flavonoid, asam fenolik, dan resveratrol yang dapat mengurangi angka kematian akibat gangguan kardiovaskular.

  1. Mencegah kanker

Sejumlah penelitian telah meninjau dampak positif konsumsi anggur terhadap pencegahan kanker. Berbagai senyawa dalam anggur ditemukan dapat mencegah berbagai bentuk kanker.

Baca Juga:  6 Antibiotik Alami Berkhasiat Tinggi

Lagi-lagi, salah satu senyawa yang menjadi perhatian adalah resveratrol. Kandungan resveratrol sangat berlimpah ditemukan pada anggur hitam. Resveratrol memiliki sifat antikanker terhadap kanker usus besar, payudara, prostat, dan paru-paru. Senyawa ini juga dipercaya dapat melengkapi pengobatan kanker konvensional seperti kemoterapi dan radiasi.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Resveratrol dalam anggur hitam berperan dalam meningkatkan fungsi otak. Asupan resveratrol dapat mencegah kepikunan pada lansia. Sejumlah studi pada tikus menunjukkan kemanjuran resveratrol dalam mencegah alzheimer. Kendati demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keterkaitan antara keduanya.

  1. Membantu proses tidur

Tak banyak penelitian yang meninjau keterkaitan antara anggur hitam dan aktivitas tidur. Namun, secara umum diyakini bahwa salah satu manfaat anggur hitam adalah membantu tidur lebih nyenyak. Pasalnya, anggur dipercaya sebagai salah satu sumber melatonin (hormon tidur) terbaik.

Loading...
Loading...