7 Manfaat Batang Brokoli untuk Kesehatan


Pertanianku — Sebagian besar kreasi brokoli hanya memanfaatkan bagian kepala bunganya. Padahal, bagian batangnya juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bermanfaat. Manfaat batang brokoli sebenarnya hampir sama dengan bagian kepala bunga.

manfaat batang brokoli
Foto: Shutterstock

Kandungan gizi di antara keduanya hampir mirip sehingga dapat dimanfaatkan secara bersama-sama. Walaupun sedikit keras, Anda bisa memotong batang brokoli menjadi beberapa bagian.

Brokoli dengan nama Latin Brassica oleracea ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, baik itu untuk kanker, stroke, maupun penyakit jantung. Bahkan, berkhasiat meredakan penyakit-penyakit lainnya.

Berikut ini 10 manfaat batang brokoli yang yang tidak jauh berbeda dengan bunganya.

  1. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang terkandung pada brokoli, batang brokoli pun memiliki manfaat vitamin A. Itu artinya, keduanya memiliki manfaat yang dihasilkan dari vitamin A. Salah satunya, yaitu menjaga mata agar tetap sehat

  1. Melancarkan pencernaan

Dalam brokoli terdapat cukup serat sehingga baik untuk pencernaan. Dengan mengonsumsi brokoli, maka pencernaan akan mudah bekerja, karena pencernaan membutuhkan serat untuk proses bekerjanya.

  1. Mengontrol diabetes

Kandungan yang tak kalah pentingnya adalah kandungan dari kromium. Kandungan ini memiliki kerja secara nyata untuk memberikan atau mengatur insulin pada tubuh yang mampu mengatasi diabetes.

  1. Mencegah radiasi ultraviolet

Salah satu pencegah radiasi adalah sulforaphane. Pada batang brokoli atau brokolinya sendiri terkandung senyawa tersebut sehingga brokoli bermanfaat untuk mencegah radiasi ultraviolet.

  1. Mencegah racun

Salah satu manfaat vitamin C juga bisa Anda dapatkan dengan konsumsi brokoli. Pada brokoli memang mengandung vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C dibutuhkan untuk menghilangkan racun pada tubuh.

  1. Mengobati penyakit jantung

Jantung biasanya membutuhkan berbagai jenis sayuran agar tetap kuat dan sehat. Dan, salah satu sayuran yang cukup baik untuk jantung adalah brokoli.

  1. Mengobati penyakit stroke
Baca Juga:  Cara Budidaya Jahe Gajah dalam Polibag

Brokoli dan batang brokoli memiliki kandugan carotenoid lutein yang berfungsi untuk mencegah penebalan arteri sehingga akan mengurangi terjadinya stroke pada tubuh manusia.

loading...
loading...