7 Manfaat Berkebun Anggur di Pekarangan

Pertanianku — Areal pekarangan rumah tidak selalu besar bahkan sangat terbatas. Namun, tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan lahan yang sempit untuk ditanami pohon anggur. Simak manfaat berkebun anggur di pekarangan rumah.

berkebun anggur
foto: unsplash

Menyejukkan rumah

Anggur merupakan buah yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Batang anggur tumbuh merambat sehingga membuatnya cukup fleksibel untuk ditanam di berbagai media seperti pot ataupun langsung di tanah.

Loading...

Rindangnya daun anggur mampu membawa kesejukan di area pekarangan rumah. Saat berbuah, pohon akan menghasilkan buah yang indah dipandang serta memiliki rasa yang manis.

Lebih puas mendapatkan buah anggur langsung dari pohon

Anggur memang buah yang sangat mudah ditemukan di pasar, dari pasar tradisional hingga pasar modern. Harga buahnya pun terbilang cukup stabil karena pertumbuhan buah ini tidak mengenal musim. Namun, sebagian orang beranggapan harga buah ini cukup mahal. Oleh karena itu, meskipun tanaman ini dapat berbuah kapan saja permintaannya terbilang rendah.

Jika berkebun anggur di rumah, Anda akan mendapatkan buah yang manis nan lezat ini dengan cuma-cuma. Kualitasnya pun dapat Anda tentukan sendiri. Jika ingin mendapatkan kualitas yang baik, tentunya harus diiringi dengan perawatan yang baik pula.

Segar dan sehat

Anggur telah dikenal dengan segudang manfaat serta nutrisinya. Anggur dapat meningkatkan taraf kesehatan seseorang yang sering mengonsumsinya secara rutin. Buah kecil nan lezat ini juga mengandung senyawa penangkal kanker atau anti-oksidan yang baik seperti flavanoid, resveratrol, dan polifenolat.

Anti-oksidan sangat baik untuk tubuh jika terus dikonsumsi secara rutin. Buah anggur yang didapatkan langsung dari pekarangan akan memiliki nutrisi yang sudah terjamin sehat dan segar. Penggunaan bahan kimia untuk pengawetan buah pun dapat dihindarkan karena buah akan langsung dikonsumsi oleh pemilik kebun.

Baca Juga:  Menanam Kacang sebagai Penghasilan Tambahan Berkebun Kakao

Kembangkan anggur lokal

Dengan berbudidaya anggur sendiri di pekarangan rumah, itu artinya Anda turut mengembangkan anggur lokal dan mengurangi volume anggur impor yang berasal dari luar negeri.

Berbuah sepanjang tahun

Buah anggur dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal batasan musim sehingga hal ini dapat menguntungkan Anda yang berkebun anggur di pekarangan.

Penghias pekarangan

Pohon anggur yang tumbuh merambat dapat membuat sejuk pekarangan serta menambahkan kesan indah dan rimbun sehingga pekarangan menjadi lebih enak dipandang.

Mereduksi stres

Kegiatan berkebun dapat mereduksi stres yang sedang Anda alami karena sudah terbukti oleh berbagai penelitian psikologi bahwa berkebun membawa dampak yang baik untuk psikis.

Loading...
Loading...