7 Manfaat Mengejutkan dari Kiwano Melon


Pertanianku — Kiwano melon atau melon bertanduk adalah buah aneh asal Afrika Selatan dan baru-baru ini diperkenalkan ke belahan dunia lainnya, yaitu Australia dan Selandia Baru. Di balik penampilannya yang aneh, ternyata ada manfaat mengejutkan dari kiwano melon.

manfaat mengejutkan dari kowano melon
Shutterstock

Kiwano dianggap penting untuk memenuhi masalah kekurangan pangan di sub-Sahara Afrika. Hal itu karena kiwano dapat mempertahankan sejumlah besar air melalui musim kemarau dan juga dapat tumbuh dalam kondisi yang sulit. Kiwano juga memberikan berbagai nutrisi penting untuk mereka yang mungkin memiliki akses makanan terbatas.

Yuk, simak 7 manfaat mengejutkan dari buah kiwano melon berikut ini.

  1. Menurunkan berat badan

Buah ini mengandung lebih dari 80% air yang memiliki kemampuan untuk membuat Anda kenyang tanpa menambah berat badan. Buah ini sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet sehat atau menjaga berat badan karena dengan mengonsumsi kiwano dapat mencegah rasa lapar.

Konsentrasi nutrisi yang tinggi pada kiwano juga membuat tubuh Anda kaya akan nutrisi, meski buahnya rendah kalori dan lemak.

  1. Memiliki sifat antioksidan

Ada tingkat tinggi alpha-tocopherol yang ditemukan di kiwano, yang merupakan bentuk anti-oksidan kuat dari vitamin E. Ini sangat penting untuk kesehatan saraf dan pembuluh darah. Zat tersebut dapat menetralisir radikal bebas dan membuang produk sampingan berbahaya dari seluler.

  1. Perawatan mata

Tingkat vitamin A yang signifikan yang ditemukan pada kiwano menjadikannya sebagai pendorong penting bagi kesehatan penglihatan. Vitamin A adalah jenis karotenoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan untuk mata, menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan degenerasi makula, sekaligus memperlambat atau mencegah perkembangan katarak.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Meskipun nutrisi yang berbeda dapat memengaruhi otak secara positif, vitamin E secara khusus terkait dengan memperlambat timbulnya penyakit alzheimer dan demensia. Tingginya tingkat variasi tokoferol pada kiwano menjadikannya favorit di antara semua yang ingin membuat pikiran mereka tetap segar.

  1. Meningkatkan metabolisme
Baca Juga:  Konsumsi Buncis Bisa Tumpas Diabetes Mellitus Tipe 2

Zinc adalah mineral yang sering diabaikan dalam kesehatan manusia, namun berperan penting dalam metabolisme dan menghasilkan protein yang diperlukan untuk penyembuhan luka dan perbaikan organ, jaringan, pembuluh darah, dan sel.

Kandungan vitamin C yang tinggi adalah pelengkap sempurna dari seng yang ditemukan pada kiwano. Sebab, asam askorbat merupakan komponen kunci kolagen, yang merupakan bahan utama dalam perbaikan dan pertumbuhan.

  1. Memperlambat penuaan

Antara vitamin A, C, anti-oksidan alami, dan senyawa organik berlimpah, kiwano sangat baik dikonsumsi dengan tujuan agar tetap awet muda, baik di dalam maupun di luar. Hal ini dikenal untuk melindungi integritas kulit dan mengurangi bintik-bintik penuaan dan keriput, selain mengurangi munculnya bekas luka dan noda.

  1. Meredakan stres dan kecemasan

Penelitian telah menghubungkan beberapa senyawa organik di kiwano dengan regulasi hormon, terutama adrenalin dan hormon stres lainnya. Jika Anda menderita stres kronis atau merasa cemas, makan beberapa kiwano dapat dengan cepat meredakan pikiran Anda dan mengembalikan tubuh Anda pada keadaan yang tenang dan santai.

loading...
loading...