7 Manfaat Minyak Oregano untuk Kesehatan

Pertanianku — Minyak oregano diketahui memiliki sifat antibakteri, antijamur dan anti-alergi. Manfaat minyak oregano yang menyehatkan tak lepas dari komponen zat-zat penyusunnya. Salah satu komponen yang dimiliki minyak oregano adalah carvacrol. Carvacrol merupakan fenol yang mengandung sifat menyembuhkan dan antitumor.

Manfaat minyak oregano
Foto: Google Image by Medical News Today

Ada pula kandungan timol pada minyak oregano yang memiliki sifat antifungal sehingga dapat melindungi tubuh dari toksin sekaligus meningkatkan sistem imun. Minyak oregano juga memiliki asam rosmarinic yang merupakan anti-oksidan dan antihistamin yang bermanfaat dalam mengempiskan bengkak akibat reaksi alergi.

Terpen pada minyak oregano juga mengandung sifat antibakteri. Sementara, naringin pada minyak oregano membatasi pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan anti-oksidan serta betacaryophyllene memiliki sifat anti-inflamasi. Setidaknya ada 7 manfaat menyehatkan dari minyak oregano.

Loading...

1. Mencegah infeksi bakteri

Minyak oregano memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mencegah infeksi bakteri pada tubuh. Minyak oregano dapat digunakan untuk melawan beberapa infeksi bakteri seperti tipus dan kolera. Karena memiliki kadar carvacrol yang tinggi, minyak oregano juga dapat digunakan untuk meringankan pilek dan flu. Caranya, cukup tuangkan beberapa tetes minyak oregano pada alat uap air dan hirup udaranya.

2. Antijamur

Beberapa infeksi mematikan disebabkan oleh jamur. Minyak oregano terbukti dapat membantu merawat infeksi yang disebabkan oleh ragi, yaitu candidiasis. Beberapa infeksi lain yang dapat diringankan melalui penggunaan minyak oregano adalah jamur kuku dan kondisi kaki atlet.

3. Infeksi pernapasan

Minyak oregano juga bermanfaat dalam mengatasi batuk dan bronkitis di mana lendir dan dahak terkumpul di saluran pernapasan dan memunculkan rasa tak nyaman. Minyak oregano juga dapat meringankan infeksi sinus.

4. Anti-alergi

Karena sifat anti-alerginya, minyak oregano dapat meringankan reaksi tubuh terhadap alergi. Misalnya mengurangi bengkak, ruam merah, hingga bersin akibat alergi.

Baca Juga:  Khasiat Asparagus, Pembersih Pembuluh Darah Arteri dari Kolesterol

5. Anti-inflamasi

Betacaryophyllene pada minyak oregano merupakan salah satu komponen paling kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi. Berdasarkan beberapa penelitian, mengoleskan minyak oregano pada area yang mengalami inflamasi dapat meringankan rasa nyeri. Misalnya, pada inflamasi atau peradangan di otot dan sendi.

6. Antiparasit

Cukup banyak parasit yang bisa tinggal dan hidup di tubuh manusia. Minyak oregano dapat memberi perlindungan terhadap tubuh dari parasit-parasit yang dapat merugikan kesehatan ini.

7. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa carvacrol pada minyak oregano dapat membatasi pertumbuhan sel kanker. Jenis kanker ini meliputi kanker kolorektal, kanker otak, dan kanker payudara.

Loading...
Loading...